Kamis, 21 September 2017

ROSH HASHANA 5778

Shalom Alaichem

Setelah vakum dari menulis artikel hampir 2 tahun, akhirnya saat ini saya digerakan kembali untuk menulis lagi. Namun artikel pertama di tahun ini yang saya tuliskan adalah tentang pesan Tuhan untuk tahun Ibrani 5778 karena memang pas dengan pergantian tahunnya Ibrani juga. Pertama-tama saya ucapkan selamat tahun baru Ibrani 5778, agar di tahun ini kita semakin mengenali musim dan waktu Tuhan, serta dapat semakin intim dan memenuhi panggilan kita. Pastinya saya percaya di tahun ini ada pintu-pintu baru yang terbuka atas setiap hidup kita. Amin...


5778 / Ayin Chet


Ayin seperti yang di bahas sebelum-sebelumnya berarti Mata, sedangkan Chet untuk angka 8 mempunyai arti yang sangat penting. Seperti yang kita lihat pada gambar di atas, untuk tulisan Chet sendiri ada beberapa hal, yakni: leg, tag, conned, bead. Selain itu Chet sendiri bentuknya menyerupai kusen pintu (bentuk gerbang), serta berkaitan dengan Keledai (Chamor -Donkey).


Mari kita gali apa yang ingin Tuhan nyatakan dari tahun 5778 yang tersirat pada angka 8 (Chet) - ya walaupun saya tahu pada beberapa gereja dan beberapa Hamba Tuhan sudah membahas ini, namun ini apa yang saya dapatkan ketika saya mencoba mencari pesan Tuhan tentang 5778 dan apa yang Tuhan mau dan juga yang saya pelajari.

1. 8 = Permulaan yang baru

Angka 8 mempunyai arti permulaan yang baru. Ketika mendengar kata "Permulaan yang baru" pastinya saya yakin setiap kita harusnya menangkap makna yang sama, bahwa hal ini berbicara kalau yang telah lewat atau masa lalu kita itu sudah ditutup dan berarti ada sesuatu hal yang baru yang akan terjadi.

Mari kita buka Alkitab kita....

Yesaya 43:19

(HOT) הנני עשׂה חדשׁה עתה תצמח הלוא תדעוה אף אשׂים במדבר דרך בישׁמון נהרות׃

(IBIS) Perhatikanlah, Aku membuat sesuatu yang baru; sekarang sudah mulai, tidakkah kaulihat? Aku akan membuat jalan di padang gurun, dan sungai-sungai di padang belantara.

(ISV) Watch! I'm about to carry out something new! And now it's springing up—don't you recognize it? I'm making a way in the wilderness and paths in the desert.

(ITB) Lihat, Aku hendak membuat sesuatu yang baru, yang sekarang sudah tumbuh, belumkah kamu mengetahuinya? Ya, Aku hendak membuat jalan di padang gurun dan sungai-sungai di padang belantara.

(KJV) Behold, I will do a new thing; now it shall spring forth; shall ye not know it? I will even make a way in the wilderness, and rivers in the desert.

Katakan Amin!

Hal yang pertama yang Tuhan nyatakan di awal 5778 bahwa ada suatu hal yang baru yang sedang Tuhan kerjakan dan proses itu sudah berjalan. Apapun yang menjadi situasi kita saat ini yang terlihat mustahil, seperti terjepit hutang sana sini, bisnis hancur karena perlambatan ekonomi, dipecat dari pekerjaan dll akan dapat kita atasi, karena Tuhan sedang membuat jalan untuk kita bisa melewati ini. Amin? Padang gurun / masalah yang sedang ktia alami adalah suatu proses yang Tuhan ijinkan dan pastinya lama tidaknya proses tersebut sangat bergantung dengan respon kita. Jika kita baca lagi, dikatakan tidak hanya jalan saja di padang gurun, namun sungai-sungai di padang belantara, pada versi ISV dikatakan paths in the desert. Artinya bahwa adanya jalur yang akan dapat terus dilalui oleh air walaupun sekitarnya itu pada belantara yang kondisinya bisa kering, mengalami kegersangan. Ketika ada aliran air yang mengalir di jalur tersebut pastinya kita bisa seperti pohon yang di tanam di tepi alirannya yang tidak akan pernah layu daunnya dan dapat berbuah pada musimnya. Namun bagaimanakah agar air tersebut bisa terus mengalir?

Saya percaya air di sini berbicara tentang air hidup, dan siapakah air hidup itu? Saya sangat yakin adalah Kristus. Mari kita buka
John 4:14

(HNT) ואשר ישתה מן־המים אשר אנכי נתן לו לא יצמא לעולם כי המים אשר אתן־לו יהיו בקרבו למקור מים נבעים לחיי העולם׃

(IBIS) "tetapi orang yang minum air yang akan Kuberikan, tidak akan haus lagi selama-lamanya. Sebab air yang akan Kuberikan itu akan menjadi mata air di dalam dirinya yang memancar keluar dan memberikan kepadanya hidup sejati dan kekal."

(ISV) But whoever drinks the water that I will give him will never become thirsty again. The water that I will give him will become a well of water for him, springing up to eternal life."

(ITB) tetapi barangsiapa minum air yang akan Kuberikan kepadanya, ia tidak akan haus untuk selama-lamanya. Sebaliknya air yang akan Kuberikan kepadanya, akan menjadi mata air di dalam dirinya, yang terus-menerus memancar sampai kepada hidup yang kekal."

Berarti pada 5778 ini Tuhan mau untuk setiap kita terus dipenuhi aliran air hidup yang tidak pernah habis, yakni dengan terus mendekatkan diri dan semakin mengenal pribadi Kristus. sehingga kita dapat melihat jalan yang Tuhan bukakan untuk kita bisa melewati padang gurun saat ini.

Selain itu yang Tuhan ingin sampaikan dari permulaan yang baru juga berkaitan bahwa kita ini adalah ciptaan yang baru karena ada Kristus di dala diri kita dan yang tidak bisa sama seperti daging.

2 Corinthians 5:17

(HNT) לכן מי שהוא במשיח בריה חדשה הוא הראשנות עברו הנה (הכל) נעשו חדשות׃

(IBIS) Orang yang sudah bersatu dengan Kristus, menjadi manusia baru sama sekali. Yang lama sudah tidak ada lagi--semuanya sudah menjadi baru.

(ISV) Therefore, if anyone is in the Messiah, he is a new creation. Old things have disappeared, and—look!—all things have become new!

(ITB) Jadi siapa yang ada di dalam Kristus, ia adalah ciptaan baru: yang lama sudah berlalu, sesungguhnya yang baru sudah datang.

(KJV) Therefore if any man be in Christ, he is a new creature: old things are passed away; behold, all things are become new.

Ketika yang lama sudah berlalu berarti kita harus menanggalkan semua yang merintangi kita, baik trauma, kebiasaan buruk, dosa-dosa, keinginan hati kita yang tidak sesuai dengan keinginan Tuhan, serta keegoan kita. Ya hal ini tidak mudah, namun kita harus sama-sama belajar untuk mengandalkan Roh Kudus. Mungkin kita berkata bahwa kita sudah terlampau bejat dan jauh dari Tuhan. Apakah Tuhan mau menerima lagi? Ataukah dosa kita masih bisa diampuni?

Jawabannya sederhana. Mengaku dosa kepada Tuhan, berlutut dan minta maaf, serta bertobat. - Selama tidak mendukakan Roh Kudus (menyangkal Roh Kudus) pasti masih bisa diampuni. Apapun yang terjadi kemarin, beberapa hari lalu, minggu lalu,bulan lalu, tahun lalu yah sudah harus ditinggalkan dan dihilangkan, lalu kita harus melakukan hal baru dengan memaksa daging kita untuk bisa bergaul karib dengan Tuhan dan mengenal Dia secara pribadi sehingga kita bisa melihat mana yang merupakan jalan Tuhan atas hidup kita dan kita tidak salah milih jalan.

2. Gerbang / Portal

Chet mempunyai makna dan bentuk seperti gerbang / portal. Gerbang / portal merupakan akses untuk sesuatu / seseorang bisa masuk / keluar. Maka pada 5778 makna gerbang atau portal ini ada beberapa hal, yakni:

a. Berkaitan dengan tulah ke-10 atas bangsa Mesir

Mari kita baca pada :
Keluaran 12:7 Kemudian dari darahnya haruslah diambil sedikit dan dibubuhkan pada kedua tiang pintu dan pada ambang atas, pada rumah-rumah di mana orang memakannya.
Keluaran 12:12 Sebab pada malam ini Aku akan menjalani tanah Mesir, dan semua anak sulung, dari anak manusia sampai anak binatang, akan Kubunuh, dan kepada semua allah di Mesir akan Kujatuhkan hukuman, Akulah, TUHAN.
Keluaran 12:13 Dan darah itu menjadi tanda bagimu pada rumah-rumah di mana kamu tinggal: Apabila Aku melihat darah itu, maka Aku akan lewat dari pada kamu. Jadi tidak akan ada tulah kemusnahan di tengah-tengah kamu, apabila Aku menghukum tanah Mesir.

Jika kita perhatikan pada ayat di atas, bahwa tulah ke-10 adalah semua anak sulung dicabut nyawanya dan hanya orang yang tiang dan ambang pintu rumahnya tidak akan mengalami kematian anak sulung.

Tahukah kita, bahwa kita adalah Israel rohani? Tahukah kita bahwa Israel adalah seseorang yang mendapatkan berkat dan hak kesulungan dari Ishak?

Untuk memperkuat keyakinan kita bahwa kita adalah israel rohani mari kita baca:

Wahyu 1:6 dan yang telah membuat kita menjadi suatu kerajaan, menjadi imam-imam bagi Allah, Bapa-Nya, --bagi Dialah kemuliaan dan kuasa sampai selama-lamanya. Amin.

Rasul Yohanes menyatakan bahwa kita berada dalam 1 kerajaan dan menjadi imam bagi Allah, yang berarti kita berada sebagai Israel Rohani

Galatia 4:7

(HNT) לכן אינך עוד עבד כי אם־בן ואם־בן אתה הנך גם־יורש נחלת האלהים על־ידי המשיח׃

(IBIS) Jadi, kalian bukan lagi hamba, melainkan anak. Dan karena kalian anak Allah, maka Allah akan memberikan kepadamu segala sesuatu yang disediakan-Nya untuk anak-anak-Nya.

(ISV) So you are no longer a slave but a child, and if you are a child, then you are also an heir because of what God did.

(ITB) Jadi kamu bukan lagi hamba, melainkan anak; jikalau kamu anak, maka kamu juga adalah ahli-ahli waris, oleh Allah.

Rasul Paulus pun berkata bahwa kita ini adalah anak yang mendapatkan warisan dari Allah.

YAKOBUS 1:18

(HNT) הוא בחפצו ילד אותנו בדבר האמת להיות כמו ראשית בכורי יצוריו׃

(IBIS) Atas kemauan-Nya sendiri Ia menjadikan kita anak-anak-Nya melalui sabda-Nya yang benar. Ia melakukan itu supaya kita mendapat tempat yang utama di antara semua makhluk ciptaan-Nya.

(ISV) In accordance with his will he made us his children by the word of truth, so that we might become the most important of his creatures.

(ITB) Atas kehendak-Nya sendiri Ia telah menjadikan kita oleh firman kebenaran, supaya kita pada tingkat yang tertentu menjadi anak sulung di antara semua ciptaan-Nya.

(KJV) Of his own will begat he us with the word of truth, that we should be a kind of firstfruits of his creatures.

Rasul Yakobus pun menerangkan bahwa kita merupakan anak sulung dari semua ciptaan Tuhan.

Jadi yakinlah bahwa kita adalah anak Allah yang berada dalam Kerajaan Allah (ISrael Rohani) yang berhak atas warisan dari Allah

Sedangkan yang menerangkan bahwa Israel itu mempunyai hak sulung dan berkat kesulungan bisa kita lihat dari kisah Esau dan Israel (Yakub), namun pertama-tama kita harus sadari benar yang namanya sulung adalah yang pertama. Sehingga saat kita bicara ha kesulungan / berkat anak sulung berarti sesuatu hal yang diberikan pada anak lelaki yang pertama. Tapi kalau kita pelajari sejarah silsilah, kita menemukan fakta bahwa Yakuba adalah anak ke-2, namun bagaimanakah dia bisa mendapatkannya? Mari kita pelajari:

Kejadian 25:33

(HOT) ויאמר יעקב השׁבעה לי כיום וישׁבע לו וימכר את־בכרתו ליעקב׃

(IBIS) Kata Yakub pula, "Bersumpahlah dulu bahwa kauberikan hakmu kepada saya." Esau bersumpah dan memberi haknya kepada Yakub.

(ISV) But Jacob insisted, "Swear it by an oath right now." So he swore an oath to him and sold his birthright to Jacob.

(ITB) Kata Yakub: "Bersumpahlah dahulu kepadaku." Maka bersumpahlah ia kepada Yakub dan dijualnyalah hak kesulungannya kepadanya.

(KJV) And Jacob said, Swear to me this day; and he sware unto him: and he sold his birthright unto Jacob.

Lalu kita baca lagi Kejadian 27:27-37
Lalu datanglah Yakub dekat-dekat dan diciumnyalah ayahnya. Ketika Ishak mencium bau pakaian Yakub, diberkatinyalah dia, katanya: "Sesungguhnya bau anakku adalah sebagai bau padang yang diberkati TUHAN.
Allah akan memberikan kepadamu embun yang dari langit dan tanah-tanah gemuk di bumi dan gandum serta anggur berlimpah-limpah.
Bangsa-bangsa akan takluk kepadamu, dan suku-suku bangsa akan sujud kepadamu; jadilah tuan atas saudara-saudaramu, dan anak-anak ibumu akan sujud kepadamu. Siapa yang mengutuk engkau, terkutuklah ia, dan siapa yang memberkati engkau, diberkatilah ia."
Setelah Ishak selesai memberkati Yakub, dan baru saja Yakub keluar meninggalkan Ishak, ayahnya, pulanglah Esau, kakaknya, dari berburu.
Ia juga menyediakan makanan yang enak, lalu membawanya kepada ayahnya. Katanya kepada ayahnya: "Bapa, bangunlah dan makan daging buruan masakan anakmu, agar engkau memberkati aku."
Tetapi kata Ishak, ayahnya, kepadanya: "Siapakah engkau ini?" Sahutnya: "Akulah anakmu, anak sulungmu, Esau."
Lalu terkejutlah Ishak dengan sangat serta berkata: "Siapakah gerangan dia, yang memburu binatang itu dan yang telah membawanya kepadaku? Aku telah memakan semuanya, sebelum engkau datang, dan telah memberkati dia; dan dia akan tetap orang yang diberkati."
Sesudah Esau mendengar perkataan ayahnya itu, meraung-raunglah ia dengan sangat keras dalam kepedihan hatinya serta berkata kepada ayahnya: "Berkatilah aku ini juga, ya bapa!"
Jawab ayahnya: "Adikmu telah datang dengan tipu daya dan telah merampas berkat yang untukmu itu."
Kata Esau: "Bukankah tepat namanya Yakub, karena ia telah dua kali menipu aku. Hak kesulunganku telah dirampasnya, dan sekarang dirampasnya pula berkat yang untukku." Lalu katanya: "Apakah bapa tidak mempunyai berkat lain bagiku?"
Lalu Ishak menjawab Esau, katanya: "Sesungguhnya telah kuangkat dia menjadi tuan atas engkau, dan segala saudaranya telah kuberikan kepadanya menjadi hambanya, dan telah kubekali dia dengan gandum dan anggur; maka kepadamu, apa lagi yang dapat kuperbuat, ya anakku?"

Dari ayat-ayat di atas tentang Yakub dapat kita simpukan beberapa hal:

1. Esau kehilangan hak dan berkat anak sulung karena:
i. Ia memandang rendah hak kesulungan
ii.Ia lebih memilih keinginan daging (nafsunya) dengan menjual hak kesulungan dengan semangkok kacang merah
iii.Ia bukannya bertobat untuk lepas dari kututk malah ia menyalahkan yang lain dan berniat jahat

2. Hak Kesulungan dan berkat anak sulung pindah ke Yakub (Israel) yang walaupun merupakan anak ke-2 dan hal ini sudah sesuai dengan apa yang ditetapkan Tuhan dan telah diketahui Ribka sejak Yakub dan Esau masih di dalam kandungan.

Jadi, saat kita bicara mengenai gerbang / portal yang berkaitan dengan tulah ke-10 harusnya membuat ktia waspada, karena kita sebagai orang yang memiliki hak dan berkat anak sulung sedang dihadapkan pada situasi sebagai berikut:
1. Dihadapkan pada pilihan mau daging / menjaga identitas kita (benar-benar dalam Tuhan atau menjadi serupa dengan dunia)
2. Menggenapi Firman / nubuatan / warisan Rohani / berkat anak sulung atau menjadi hidup dalam daging dan mengalami beban hidup dan kutuk
3. Mengalami kehidupan dan melihat tuntunan Tuhan untuk keluar dari Mesir , menuju tanah Perjanjian dan mengalami berkat dan keberhasilan dalam apapun yang dilakukan untuk mendapatkan berkat ataukah kita akan mati di Mesir (tetap mengalami kondisi hidup yang tidak mengalami terobosan / tetap dengan kondisi padang gurun / hidup yang susah dan bahkan bisa mengalami kematian baik rohani ataupun fisik ataupun apapun yang dikerjakan menjadi gagal)


Mari kita jaga hati kita dengan penuh segala kewaspadaan dan mari kita urapi diri kita dan hati kita agar kita bisa tetap berada dalam rancangan Tuhan dan tida menjadi seperti Esau.

b. Berkaitan dengan 12 pintu gerbang Israel.

Untuk detail hal ini saya sarankan bisa membaca dan mempelajari buku tetnang 12 pintu gerbang yang ditulis oleh alm. Pdt. Dr. Petrus Agung, S.Th.

Untuk ringkasnya mengenai 12 pintu gerbang ini yang saya ambil dari kotbah bu Ev. Nany Susanty,SH yang terdapat pada blog adalah sebagai berikut:

1. Pintu Gerbang Ruben (Kejadian 49 :3,4)
*tempat mengambil keputusan bagi pemimpin kota untuk membicarakan masa depan kota
*keputusan yg diambil tiap kita setiap hari menentukan masa depan seseorang.
*Berkat dibalik pintu Ruben : kekuatan, kegagahan, keluhuran, kesanggupan, berkat yg membual spt air. (tak terhentikan berkatnya)

2.Pintu Gerbang Simeon (Kejadian 49:5-7)
*Tiap orang yg memasuki gerbang ini akan dihancurkan karakter/sifat jeleknya supaya dapat memiliki hati hamba
*Berkat dibalik pintu Simeon : pembentukan karakter, sumur bersyeba (Yosua 19 :1-2) yaitu ada 7 sumber mata air yg merupakan gambaran berkat yg sempurna
*kalau kita merelakan sifat jelek kita dihancurkan sampai habis, maka berkat Tuhan akan terus mengalir san tak terhentikan

3. Pintu Gerbang Lewi ( Kejadian 49 :5)
*Suku Lewi adalah orang yg dikuduskan Tuhan untuk melayani bait Allah (pendoa, imam)
*di gerbang ini tersedia banyak jubah dan tiap orang mendapat jubah yg berlainan : jubah imam, pendoa syafaat, penari, pemusik, pemuji, pemimpin pujian, kerendahan hati, raja, pilar, pekerja, mempelai dan banyak lagi.
*mintalah hikmat Tuhan dan memohon minta jubah yg tepat sesuai dengan kapasitas masing-masing.
*Tuhan memberi kepercayaan untuk kita berdoa bagi keluarga, bangsa dan negara dimana kita ditempatkan.

4. Pintu Gerbang Yehuda (Kejadian 49 :8-12)
*berkat dibalik pintu Yehuda : kemenangan (musuh kita adlh manusia lama kita = kegagalan, kebangkrutan, dan musuh yg paling berbahaya adalah diri kita sendiri) gagah perkasa dan keberanian ( berani bertanggung jwb, berani menyatakan kebenaran, misal kita lakukan kesalahan, segera minta ampun, hadapi dengan kegagahan dan berani), berkat memerintah sebagai raja ( Tuhan beri tongkat otoritas supaya orang percaya membuat dampak bagi lingkungannya) berkat kelimpahan ( daud dan Tuhan Yesus pun dari keturunan Yehuda)

5. Pintu Gerbang Zebulon (kejadian 49 : 13)
*berkat dibalik pintu Zebulon : menguasai kelautan/perairan, berkat kepahlawanan untuk melakukan segala sesuatu.
*Zebulon adalah suku yg selalu berani menghadapi badai dan mempertaruhkan nyawanya
*berani percaya dan memperkatakan perkataan iman, maka semua akan menjadi kenyataan.

6. Pintu Gerbang Isakhar (Kejadian 49:14,15)
* arti kata Isakhar adalah pekerja upahan
* berkat di balik pintu ini adalah : kemampuan menanggung beban, kutuk diubah jadi berkat, apapun beban yang Tuhan ijinkan kita tanggung itu bisa kita tanggung karena penyertaan Tuhan sempurna dan anugerahNya memampukan kita menanggungnya.
*berkat ini memberi kemampuan untuk bertindak dengan ketepatan.

7. Pintu Gerbang Gad (Kejadian 49 :19)
*berkat dibalik pintu ini adalah : berkat gagah perkasa, sifat kepahlawanan.
*sifat dan karakter yang tidak mementingkan diri sendiri, tidak memusingkan urusan pribadinya melainkan maju terus untuk mencapai tujuan, disiplin tinggi, maju terus pantang mundur, sekalipun musti dibayar dengan nyawa, bila sudah memulai sesuatu maka ia akan menyelesaikannya sampai tuntas dan tidak akan meninggalkan pekerjaannya karena kecewa. semua tugas yang diberikan kepadanya akan dilaksanakan sampai tuntas dan baik.
*minta Tuhan ubah cara pikir kita menjadi seorang pahlawan akhir jaman. karena kristen yg biasa saja akan tertinggal dan tidak dapat memasuki masa lawatan.

8. Pintu Gerbang Naftali ( Kejadian 49 : 21)
*Berkat di pintu gerbang ini adalah : berkat pelipatgandaan (mandul dan gagal diubah jadi keberhasilan), berkat perkenanan ( Tuhan turunkan tongkat perkenananNya yang membuat mudah untuk menghadapi masalah atau tantangan. ) saat tongkat perkenanan diulurkan maka terjadi pelipatgandaan berkat hingga kita bisa menjadi saluran berkat bagi orang lain.

9. Pintu Gerbang Asyer ( Kejadian 49 : 20)
*arti Asyer : berbahagia
*Berkat dibalik pintu ini adalah : Tuhan sediakan makanan yg berlimpah ruah, tapi ingatlah akan orang lain dan jadilah saluran berkat bagi mereka. dan juga berkat melayani raja-raja, dan melayani Raja di atas segala raja. kaki yang penuh urapan minyak, suka menolong orang lain, dan kekuatan perlindungan , tidak sombong dan rendah hati.
10. Pintu Gerbang Efraim dan Manasye ( Kejadian 48 : 16, 20)
* Berkat dibalik pintu ini adalah : anak-anak yg diberkati Tuhan (anak2 yg bisa mengangkat nama baik orangtuanya), berkat pelipatgandaan (diberkati hingga keturunannya bertambah banyak), berkat kepahlawanan (yefta adalah keturunan Manasye dan menjadi pahlawan bagi Israel)
*suku Efraim (Yosua suku efraim yg membawa bangsa israel masuk ke tanah perjanjian)

11. Pintu Gerbang Benyamin (Kejadian 49 : 27)
*berkat dibalik pintu ini adalah : kutuk diubah menjadi berkat, punya keberanian yg benar, punya ketrampilan yg luarbiasa, ketajaman dan ketepatan, punya keintiman dengan TUhan, menjadi kekasih Raja, Perlindungan Tuhan.
*Serigala adalah binatang yg mempunyai keberanian yg luarbiasa dan ketepatan. dan di kitab Hakim-hakim ada seorang bernama Ehud yg kidal tapi memiliki ketrampilan yg luarbiasa.
*kita harus minta berkat tersebut turun atas hidup kita agar kita mengerjakan dengan terampil dan tepat.
*Ester pun keturunan raja Saul dari suku Benyamin. ia tepat, berani, dan punya keintiman hingga ia menjadi kekasih raja. maka kita pun dipanggil untuk memiliki keintiman dengan Raja diatas segala raja, sehingga kita menjadi kekasihNya.

12. Pintu Gerbang Yusuf ( Kejadian 49 : 22-26)
*arti nama ini adalah : kiranya TUhan menambah-nambahkan lagi.
*berkat dibalik pintu gerbang ini adalah : kesuburan, keperkasaan, berkat dari langit-margasatwa, berkat samudra raya- seperti berkat Zebulon, berkat pelipatgandaan, berkat yg paling sedap, berkat menjadi orang teristimewa
*beberapa tindakan profetik untuk terima berkat ini adalah : makan buah kiwi dan urapi kaki dengan minyak urapan, minum susu dicampur madu, akhiri dengan perjamuan kudus.
*buah kiwi dengan biji yg bnyk di dalamnya adalah lambang berkat pelipatgandaan dari Tuhan.
*pengurapan kaki agar kita tetap kuat dan kokoh terima berkat yg mengalir luarbiasa untuk kita.
*minum susu dengan madu sebagai lambang kekuatan dan kemanisan untuk memasuki masa kejayaan, masa keemasan, masa Salomo

Mari kita klaim untuk 12 pintu gerbang ini bisa terbuka atas hidup kita dan kita nyatakan berkat yang tersirat dari 12makna 12 pintu gerbang ini bisa turun atas hidup kita.

c. Berkaitan dengan Gerbang sebagai orang bisa membawa barang keluar masuk dan juga berhubungan dengen keledai

Mari kita baca :

Yesaya 60:11

(HOT) ופתחו שׁעריך תמיד יומם ולילה לא יסגרו להביא אליך חיל גוים ומלכיהם נהוגים׃

(IBIS) Siang malam pintu gerbangmu akan terbuka, supaya kekayaan bangsa-bangsa dapat diantar kepadamu, dengan raja-raja mereka sebagai tawanan.

(ISV) Your gates will always stand open by day or night, and they will not be shut, so that nations will bring you their wealth, with their kings led in procession.

(ITB) Pintu-pintu gerbangmu akan terbuka senantiasa, baik siang maupun malam tidak akan tertutup, supaya orang dapat membawa kekayaan bangsa-bangsa kepadamu, sedang raja-raja mereka ikut digiring sebagai tawanan.

(KJV) Therefore thy gates shall be open continually; they shall not be shut day nor night; that men may bring unto thee the forces of the Gentiles, and that their kings may be brought.

Mazmur 24:7-10
Angkatlah kepalamu, hai pintu-pintu gerbang, dan terangkatlah kamu, hai pintu-pintu yang berabad-abad, supaya masuk Raja Kemuliaan!
"Siapakah itu Raja Kemuliaan?" "TUHAN, jaya dan perkasa, TUHAN, perkasa dalam peperangan!"
Angkatlah kepalamu, hai pintu-pintu gerbang, dan terangkatlah kamu, hai pintu-pintu yang berabad-abad, supaya masuk Raja Kemuliaan!
"Siapakah Dia itu Raja Kemuliaan?" "TUHAN semesta alam, Dialah Raja Kemuliaan!" Sela

Dari kitab Yesaya di atas ita dapat Melihat bahwa ini adalah masa dimana Tuhan akan membuat kekayaan bangsa-bangsa datang (kelimpahan / terobosan dalam keuangan). Saya yakin bahwa di tahun ini Tuhan akan membuat umat-Nya mengalami pemulihan dari ekonomi sehingga bisa menjaid berkat buat yang lain, namun bagaimana itu bisa terjadi, yah dapat kita lihat pada kita Mazmur di atas yakni musti memerintahkan pintu gerbang terangkat dan terbuka, agar RAJA KEMULIAAN - TUHAN SEMESTA ALAM masuk dan tinggal bersama-sama dengan kita, yang berarti kita harus membuka hati dan diri kita untuk mengalami suatu tingkat keintiman yang lebih lagi dengan Tuhan.

Lalu apa hubungannya dengan keledai?

Mari kita baca:

Ul 33:18-19 ..., hai Isakhar, atas kemah-kemahmu. Bangsa-bangsa akan dipanggil mereka datang ke gunung; di sanalah mereka akan mempersembahkan korban sembelihan yang benar, sebab mereka akan mengisap kelimpahan laut dan harta yang terpendam di dalam pasir."

Dikatakan di atas bahwa akan ada yang mempersembahkan korban sembelihan yang benar dan pastinya dengan membawa kelimpahan harta yang tersimpan dan terpendam yang datang ke suku isakhar. Jaman dahulu salah 1 hewan yang dipergunakan untuk transportasi adalah keledai dan keledai cukup fenomenal di alkitab. Mengapa demikian?

1. Tuhan membuat keledai Bileam berbicara untuk mencegah Bileam mengutuk Israel
2. Tuhan Yesus pun menggunakan keledai saat memasuki Yerusalem untuk dieluk-elukan sebagai Raja.

Lalu ada hubungannya dengan gerbang yang dilalui berkat, kemudian agar Raja Kemuliaan masuk, dengan suku Isakhar, lalu keledai, lalu Tuhan Yesus masuk dan dieluk-elukan?

Pada point ini yang Tuhan taruh dan nyatakan bahwa kita harus memastikan pintu gerbang hidup kita itu terbuka agar Tuhan Yesus bisa masuk dan kita harus hidup seperti suku Isakhar hidup sehingga kita bisa menerima berkatnya, yakni harta yang terpendam (berkat-berkat) itu datang membuat kita kelimpahan. Lalu apa yang unik dari suku Isakhar ini? Mereka adalah satu-satunya suku di Israel yang memperhatikan musim dan waktu dan mengumumkan kepada segenap bangsa Israel. Hal ini berarti kita harus bisa mengenal musim dan waktu dari pergerakan Tuhan untuk mengalami terobosan dalam hidup sekalipun Tuhan telah masuk dalam hidup kita. Pada Mazmur 25 tertulis kalau Tuhan akan memberitahukan rahasia-Nya kepada orang yang takut akan Dia. Saya percaya kalau kita bergaul karib dengan Tuahn dan hidup mulai repect pada Tuhan (takut akan Tuhan) pastinya kita akan mengerti dan mengenal waktu dan musim Tuhan karena Tuhan sendiri yang akan kasih tahu rahasia yang akan Dia kerjakan.

d. Berkaitan dengan gerbang / portal rohani yang menjadi jasmaniah

Jika kita telah mempelajari dari awal bahwa banyak hal yang terjadi dari sisi rohani dan saat kita kerjakan kita akan melihat berkat / mujizat menjadi nyata dan menjadi suatu kesaksian yang hidup. Pintu berkat rohani yang memberikan efek mujizat atas hidup kita yang bisa kita lihat dan rasakan pastinya akan sangat tergantung dari bagaimana cara ita merespon berbagai padang gurun yang kita alami. Dalam hal ini bisa kita lihat dari kisah hidup para tokoh di Alkitab, seperti:

1. Sadrak, Mesak, dan Abednego yang harus membela imannya sampai ke dapur perapian dan berkomitmen bahwa apapun yang terjadi tidak akan mau menyembah kepada berhala dan mujizat terjadi saat berada di dalam dapur perapian
2. Daniel yang membela iman dengan tetap beribadah kepada Tuhan dan tidak mau menyentuh makanan raja dan cara hidup saat itu yang akhirnya dimasukan ke dalam goa singa dan melihat bagaimana penjagaan terjadi dan pemulihan pun terjadi
3. Yakub, saat dicobai yang mana dia sendiri pernah menjadi kecewa dan marah sama Tuhan, namun tetap bertobat dan balik lagi untuk mencari Tuhan sampai akhirnya Tuhan memulihkan keadaannya 7x lipat dari sebelumnya
4. Daud yang mana harus lari karena akan dibunuh Saul dan saat ada kesempatan, ia tidak mau membunuh Saul dan tetap memnanti proses Tuhan sampai ia akhirnya menjadi raja
5. Yusuf, yang dijual saudara-saudaranya lalu difitnah oleh tante potifar lalu masuk penjara, namun respon tetap positif dan mengutamakan Tuhan sampai akhirnya ia menjadi orang no.2 di Mesir.

Jadi kesimpulan dari seluruh point tetntang gerbang ini adalah, apa yang saat ini kita lakukan dan responi akan mempengaruhi masa depan kita dan keturunan kita. Jadi kita harus berespon positif, jika sudah lari dari jalur Tuhan yah harus bertobat dan minta ampun. Selain itu kita ahrus mengamankannya seperti Orang Israel mengamankan kondisi keluarga mereka dari malaikat maut dengan darah domba sulung di gerbang mereka, maka kita harus hidup dan tinggal dengan Darah Anak Domba dan pastinya harus semakin gencar dalam menceritakan kebaikan dan kemuliaan Tuhan yang menjadi nyata dalam hidup kita walau apapun dapat mengancam nyawa kita, karena ini adalah senjata yang mengalahkan iblis.

Mari kita baca Wahyu 12:11 Dan mereka mengalahkan dia oleh darah Anak Domba, dan oleh perkataan kesaksian mereka. Karena mereka tidak mengasihi nyawa mereka sampai ke dalam maut.

3. Tanda
Kejadian yang akan terjadi pada 23 September 2017 nanti adalah suatu tanda penggenapan dari WAHYU 12 yang akan dilakukan alam dengan sistem perbintangan, yakni keluarnya planet jupiter dari orbit bintang virgo, yang mana planet jupiter sudah di sana sejak 23 September 2016 saat perayaan Hanukah. Kejadian ini persis seperti wanita yang telah mengandung selama 9 bulan dan akhirnya melahirkan. Untuk detailnya rekan-rekan bisa mencari di youtube ataupun di google tentang pembahasan 23 September 2017.

Pada intinya menurut saya, nanti yang akan terjadi adalah suatu tanda penggenapan wahyu 12 tentang lahirnya seorang anak laki-laki (bukan geraja yah, karena kalau gereja disebut sebagai dia perempuan [her]). Sedangkan tentang naga dan kejadian yang terjadi adalah sesuatu hal yang akan terjadi secara alam roh dan membuat anak-anak pilihan Tuhan untuk melakukan kegerakan akan disiapkan untuk berperang dan terjadinya peperangan di alam roh untuk menggagalkan orang-orang pilihan Tuhan ini.

Adapun tugas dan tanggung jawab dari orang-orang pilihan Tuhan ini yang disebut sebagai anak laki-laki adalah melakukan suatu peperangan rohani dan kegerakan yang membuat sesuatu hal rohani menjadi real dan mengarahkan ke penuaian untuk terjadi.

Oleh karena itu mari kita siapkan hati dan kita jalani Ayin Chet ini dengan sikap hati yang benar di hadapan Tuhan, semakin berusaha mengenal Tuhan secara pribadi, menjaga gerbang atas masa depan, menjaga gerbang berkat, memulai suatu start yang baru untuk mengalami terobosan. Sehingga kita bisa memberikan kesaksian yang hidup dan memperkenalkan bahwa Tuhan Yesus itu nyata.

Tuhan Yesus memberkati.



Shalom Alaichem

Setelah vakum dari menulis artikel hampir 2 tahun, akhirnya saat ini saya digerakan kembali untuk menulis lagi. Namun artikel pertama di tahun ini yang saya tuliskan adalah tentang pesan Tuhan untuk tahun Ibrani 5778 karena memang pas dengan pergantian tahunnya Ibrani juga. Pertama-tama saya ucapkan selamat tahun baru Ibrani 5778, agar di tahun ini kita semakin mengenali musim dan waktu Tuhan, serta dapat semakin intim dan memenuhi panggilan kita. Pastinya saya percaya di tahun ini ada pintu-pintu baru yang terbuka atas setiap hidup kita. Amin...


5778 / Ayin Chet


Ayin seperti yang di bahas sebelum-sebelumnya berarti Mata, sedangkan Chet untuk angka 8 mempunyai arti yang sangat penting. Seperti yang kita lihat pada gambar di atas, untuk tulisan Chet sendiri ada beberapa hal, yakni: leg, tag, conned, bead. Selain itu Chet sendiri bentuknya menyerupai kusen pintu (bentuk gerbang), serta berkaitan dengan Keledai (Chamor -Donkey).


Mari kita gali apa yang ingin Tuhan nyatakan dari tahun 5778 yang tersirat pada angka 8 (Chet) - ya walaupun saya tahu pada beberapa gereja dan beberapa Hamba Tuhan sudah membahas ini, namun ini apa yang saya dapatkan ketika saya mencoba mencari pesan Tuhan tentang 5778 dan apa yang Tuhan mau dan juga yang saya pelajari.

1. 8 = Permulaan yang baru

Angka 8 mempunyai arti permulaan yang baru. Ketika mendengar kata "Permulaan yang baru" pastinya saya yakin setiap kita harusnya menangkap makna yang sama, bahwa hal ini berbicara kalau yang telah lewat atau masa lalu kita itu sudah ditutup dan berarti ada sesuatu hal yang baru yang akan terjadi.

Mari kita buka Alkitab kita....

Yesaya 43:19

(HOT) הנני עשׂה חדשׁה עתה תצמח הלוא תדעוה אף אשׂים במדבר דרך בישׁמון נהרות׃

(IBIS) Perhatikanlah, Aku membuat sesuatu yang baru; sekarang sudah mulai, tidakkah kaulihat? Aku akan membuat jalan di padang gurun, dan sungai-sungai di padang belantara.

(ISV) Watch! I'm about to carry out something new! And now it's springing up—don't you recognize it? I'm making a way in the wilderness and paths in the desert.

(ITB) Lihat, Aku hendak membuat sesuatu yang baru, yang sekarang sudah tumbuh, belumkah kamu mengetahuinya? Ya, Aku hendak membuat jalan di padang gurun dan sungai-sungai di padang belantara.

(KJV) Behold, I will do a new thing; now it shall spring forth; shall ye not know it? I will even make a way in the wilderness, and rivers in the desert.

Katakan Amin!

Hal yang pertama yang Tuhan nyatakan di awal 5778 bahwa ada suatu hal yang baru yang sedang Tuhan kerjakan dan proses itu sudah berjalan. Apapun yang menjadi situasi kita saat ini yang terlihat mustahil, seperti terjepit hutang sana sini, bisnis hancur karena perlambatan ekonomi, dipecat dari pekerjaan dll akan dapat kita atasi, karena Tuhan sedang membuat jalan untuk kita bisa melewati ini. Amin? Padang gurun / masalah yang sedang ktia alami adalah suatu proses yang Tuhan ijinkan dan pastinya lama tidaknya proses tersebut sangat bergantung dengan respon kita. Jika kita baca lagi, dikatakan tidak hanya jalan saja di padang gurun, namun sungai-sungai di padang belantara, pada versi ISV dikatakan paths in the desert. Artinya bahwa adanya jalur yang akan dapat terus dilalui oleh air walaupun sekitarnya itu pada belantara yang kondisinya bisa kering, mengalami kegersangan. Ketika ada aliran air yang mengalir di jalur tersebut pastinya kita bisa seperti pohon yang di tanam di tepi alirannya yang tidak akan pernah layu daunnya dan dapat berbuah pada musimnya. Namun bagaimanakah agar air tersebut bisa terus mengalir?

Saya percaya air di sini berbicara tentang air hidup, dan siapakah air hidup itu? Saya sangat yakin adalah Kristus. Mari kita buka
John 4:14

(HNT) ואשר ישתה מן־המים אשר אנכי נתן לו לא יצמא לעולם כי המים אשר אתן־לו יהיו בקרבו למקור מים נבעים לחיי העולם׃

(IBIS) "tetapi orang yang minum air yang akan Kuberikan, tidak akan haus lagi selama-lamanya. Sebab air yang akan Kuberikan itu akan menjadi mata air di dalam dirinya yang memancar keluar dan memberikan kepadanya hidup sejati dan kekal."

(ISV) But whoever drinks the water that I will give him will never become thirsty again. The water that I will give him will become a well of water for him, springing up to eternal life."

(ITB) tetapi barangsiapa minum air yang akan Kuberikan kepadanya, ia tidak akan haus untuk selama-lamanya. Sebaliknya air yang akan Kuberikan kepadanya, akan menjadi mata air di dalam dirinya, yang terus-menerus memancar sampai kepada hidup yang kekal."

Berarti pada 5778 ini Tuhan mau untuk setiap kita terus dipenuhi aliran air hidup yang tidak pernah habis, yakni dengan terus mendekatkan diri dan semakin mengenal pribadi Kristus. sehingga kita dapat melihat jalan yang Tuhan bukakan untuk kita bisa melewati padang gurun saat ini.

Selain itu yang Tuhan ingin sampaikan dari permulaan yang baru juga berkaitan bahwa kita ini adalah ciptaan yang baru karena ada Kristus di dala diri kita dan yang tidak bisa sama seperti daging.

2 Corinthians 5:17

(HNT) לכן מי שהוא במשיח בריה חדשה הוא הראשנות עברו הנה (הכל) נעשו חדשות׃

(IBIS) Orang yang sudah bersatu dengan Kristus, menjadi manusia baru sama sekali. Yang lama sudah tidak ada lagi--semuanya sudah menjadi baru.

(ISV) Therefore, if anyone is in the Messiah, he is a new creation. Old things have disappeared, and—look!—all things have become new!

(ITB) Jadi siapa yang ada di dalam Kristus, ia adalah ciptaan baru: yang lama sudah berlalu, sesungguhnya yang baru sudah datang.

(KJV) Therefore if any man be in Christ, he is a new creature: old things are passed away; behold, all things are become new.

Ketika yang lama sudah berlalu berarti kita harus menanggalkan semua yang merintangi kita, baik trauma, kebiasaan buruk, dosa-dosa, keinginan hati kita yang tidak sesuai dengan keinginan Tuhan, serta keegoan kita. Ya hal ini tidak mudah, namun kita harus sama-sama belajar untuk mengandalkan Roh Kudus. Mungkin kita berkata bahwa kita sudah terlampau bejat dan jauh dari Tuhan. Apakah Tuhan mau menerima lagi? Ataukah dosa kita masih bisa diampuni?

Jawabannya sederhana. Mengaku dosa kepada Tuhan, berlutut dan minta maaf, serta bertobat. - Selama tidak mendukakan Roh Kudus (menyangkal Roh Kudus) pasti masih bisa diampuni. Apapun yang terjadi kemarin, beberapa hari lalu, minggu lalu,bulan lalu, tahun lalu yah sudah harus ditinggalkan dan dihilangkan, lalu kita harus melakukan hal baru dengan memaksa daging kita untuk bisa bergaul karib dengan Tuhan dan mengenal Dia secara pribadi sehingga kita bisa melihat mana yang merupakan jalan Tuhan atas hidup kita dan kita tidak salah milih jalan.

2. Gerbang / Portal

Chet mempunyai makna dan bentuk seperti gerbang / portal. Gerbang / portal merupakan akses untuk sesuatu / seseorang bisa masuk / keluar. Maka pada 5778 makna gerbang atau portal ini ada beberapa hal, yakni:

a. Berkaitan dengan tulah ke-10 atas bangsa Mesir

Mari kita baca pada :
Keluaran 12:7 Kemudian dari darahnya haruslah diambil sedikit dan dibubuhkan pada kedua tiang pintu dan pada ambang atas, pada rumah-rumah di mana orang memakannya.
Keluaran 12:12 Sebab pada malam ini Aku akan menjalani tanah Mesir, dan semua anak sulung, dari anak manusia sampai anak binatang, akan Kubunuh, dan kepada semua allah di Mesir akan Kujatuhkan hukuman, Akulah, TUHAN.
Keluaran 12:13 Dan darah itu menjadi tanda bagimu pada rumah-rumah di mana kamu tinggal: Apabila Aku melihat darah itu, maka Aku akan lewat dari pada kamu. Jadi tidak akan ada tulah kemusnahan di tengah-tengah kamu, apabila Aku menghukum tanah Mesir.

Jika kita perhatikan pada ayat di atas, bahwa tulah ke-10 adalah semua anak sulung dicabut nyawanya dan hanya orang yang tiang dan ambang pintu rumahnya tidak akan mengalami kematian anak sulung.

Tahukah kita, bahwa kita adalah Israel rohani? Tahukah kita bahwa Israel adalah seseorang yang mendapatkan berkat dan hak kesulungan dari Ishak?

Untuk memperkuat keyakinan kita bahwa kita adalah israel rohani mari kita baca:

Wahyu 1:6 dan yang telah membuat kita menjadi suatu kerajaan, menjadi imam-imam bagi Allah, Bapa-Nya, --bagi Dialah kemuliaan dan kuasa sampai selama-lamanya. Amin.

Rasul Yohanes menyatakan bahwa kita berada dalam 1 kerajaan dan menjadi imam bagi Allah, yang berarti kita berada sebagai Israel Rohani

Galatia 4:7

(HNT) לכן אינך עוד עבד כי אם־בן ואם־בן אתה הנך גם־יורש נחלת האלהים על־ידי המשיח׃

(IBIS) Jadi, kalian bukan lagi hamba, melainkan anak. Dan karena kalian anak Allah, maka Allah akan memberikan kepadamu segala sesuatu yang disediakan-Nya untuk anak-anak-Nya.

(ISV) So you are no longer a slave but a child, and if you are a child, then you are also an heir because of what God did.

(ITB) Jadi kamu bukan lagi hamba, melainkan anak; jikalau kamu anak, maka kamu juga adalah ahli-ahli waris, oleh Allah.

Rasul Paulus pun berkata bahwa kita ini adalah anak yang mendapatkan warisan dari Allah.

YAKOBUS 1:18

(HNT) הוא בחפצו ילד אותנו בדבר האמת להיות כמו ראשית בכורי יצוריו׃

(IBIS) Atas kemauan-Nya sendiri Ia menjadikan kita anak-anak-Nya melalui sabda-Nya yang benar. Ia melakukan itu supaya kita mendapat tempat yang utama di antara semua makhluk ciptaan-Nya.

(ISV) In accordance with his will he made us his children by the word of truth, so that we might become the most important of his creatures.

(ITB) Atas kehendak-Nya sendiri Ia telah menjadikan kita oleh firman kebenaran, supaya kita pada tingkat yang tertentu menjadi anak sulung di antara semua ciptaan-Nya.

(KJV) Of his own will begat he us with the word of truth, that we should be a kind of firstfruits of his creatures.

Rasul Yakobus pun menerangkan bahwa kita merupakan anak sulung dari semua ciptaan Tuhan.

Jadi yakinlah bahwa kita adalah anak Allah yang berada dalam Kerajaan Allah (ISrael Rohani) yang berhak atas warisan dari Allah

Sedangkan yang menerangkan bahwa Israel itu mempunyai hak sulung dan berkat kesulungan bisa kita lihat dari kisah Esau dan Israel (Yakub), namun pertama-tama kita harus sadari benar yang namanya sulung adalah yang pertama. Sehingga saat kita bicara ha kesulungan / berkat anak sulung berarti sesuatu hal yang diberikan pada anak lelaki yang pertama. Tapi kalau kita pelajari sejarah silsilah, kita menemukan fakta bahwa Yakuba adalah anak ke-2, namun bagaimanakah dia bisa mendapatkannya? Mari kita pelajari:

Kejadian 25:33

(HOT) ויאמר יעקב השׁבעה לי כיום וישׁבע לו וימכר את־בכרתו ליעקב׃

(IBIS) Kata Yakub pula, "Bersumpahlah dulu bahwa kauberikan hakmu kepada saya." Esau bersumpah dan memberi haknya kepada Yakub.

(ISV) But Jacob insisted, "Swear it by an oath right now." So he swore an oath to him and sold his birthright to Jacob.

(ITB) Kata Yakub: "Bersumpahlah dahulu kepadaku." Maka bersumpahlah ia kepada Yakub dan dijualnyalah hak kesulungannya kepadanya.

(KJV) And Jacob said, Swear to me this day; and he sware unto him: and he sold his birthright unto Jacob.

Lalu kita baca lagi Kejadian 27:27-37
Lalu datanglah Yakub dekat-dekat dan diciumnyalah ayahnya. Ketika Ishak mencium bau pakaian Yakub, diberkatinyalah dia, katanya: "Sesungguhnya bau anakku adalah sebagai bau padang yang diberkati TUHAN.
Allah akan memberikan kepadamu embun yang dari langit dan tanah-tanah gemuk di bumi dan gandum serta anggur berlimpah-limpah.
Bangsa-bangsa akan takluk kepadamu, dan suku-suku bangsa akan sujud kepadamu; jadilah tuan atas saudara-saudaramu, dan anak-anak ibumu akan sujud kepadamu. Siapa yang mengutuk engkau, terkutuklah ia, dan siapa yang memberkati engkau, diberkatilah ia."
Setelah Ishak selesai memberkati Yakub, dan baru saja Yakub keluar meninggalkan Ishak, ayahnya, pulanglah Esau, kakaknya, dari berburu.
Ia juga menyediakan makanan yang enak, lalu membawanya kepada ayahnya. Katanya kepada ayahnya: "Bapa, bangunlah dan makan daging buruan masakan anakmu, agar engkau memberkati aku."
Tetapi kata Ishak, ayahnya, kepadanya: "Siapakah engkau ini?" Sahutnya: "Akulah anakmu, anak sulungmu, Esau."
Lalu terkejutlah Ishak dengan sangat serta berkata: "Siapakah gerangan dia, yang memburu binatang itu dan yang telah membawanya kepadaku? Aku telah memakan semuanya, sebelum engkau datang, dan telah memberkati dia; dan dia akan tetap orang yang diberkati."
Sesudah Esau mendengar perkataan ayahnya itu, meraung-raunglah ia dengan sangat keras dalam kepedihan hatinya serta berkata kepada ayahnya: "Berkatilah aku ini juga, ya bapa!"
Jawab ayahnya: "Adikmu telah datang dengan tipu daya dan telah merampas berkat yang untukmu itu."
Kata Esau: "Bukankah tepat namanya Yakub, karena ia telah dua kali menipu aku. Hak kesulunganku telah dirampasnya, dan sekarang dirampasnya pula berkat yang untukku." Lalu katanya: "Apakah bapa tidak mempunyai berkat lain bagiku?"
Lalu Ishak menjawab Esau, katanya: "Sesungguhnya telah kuangkat dia menjadi tuan atas engkau, dan segala saudaranya telah kuberikan kepadanya menjadi hambanya, dan telah kubekali dia dengan gandum dan anggur; maka kepadamu, apa lagi yang dapat kuperbuat, ya anakku?"

Dari ayat-ayat di atas tentang Yakub dapat kita simpukan beberapa hal:

1. Esau kehilangan hak dan berkat anak sulung karena:
i. Ia memandang rendah hak kesulungan
ii.Ia lebih memilih keinginan daging (nafsunya) dengan menjual hak kesulungan dengan semangkok kacang merah
iii.Ia bukannya bertobat untuk lepas dari kututk malah ia menyalahkan yang lain dan berniat jahat

2. Hak Kesulungan dan berkat anak sulung pindah ke Yakub (Israel) yang walaupun merupakan anak ke-2 dan hal ini sudah sesuai dengan apa yang ditetapkan Tuhan dan telah diketahui Ribka sejak Yakub dan Esau masih di dalam kandungan.

Jadi, saat kita bicara mengenai gerbang / portal yang berkaitan dengan tulah ke-10 harusnya membuat ktia waspada, karena kita sebagai orang yang memiliki hak dan berkat anak sulung sedang dihadapkan pada situasi sebagai berikut:
1. Dihadapkan pada pilihan mau daging / menjaga identitas kita (benar-benar dalam Tuhan atau menjadi serupa dengan dunia)
2. Menggenapi Firman / nubuatan / warisan Rohani / berkat anak sulung atau menjadi hidup dalam daging dan mengalami beban hidup dan kutuk
3. Mengalami kehidupan dan melihat tuntunan Tuhan untuk keluar dari Mesir , menuju tanah Perjanjian dan mengalami berkat dan keberhasilan dalam apapun yang dilakukan untuk mendapatkan berkat ataukah kita akan mati di Mesir (tetap mengalami kondisi hidup yang tidak mengalami terobosan / tetap dengan kondisi padang gurun / hidup yang susah dan bahkan bisa mengalami kematian baik rohani ataupun fisik ataupun apapun yang dikerjakan menjadi gagal)


Mari kita jaga hati kita dengan penuh segala kewaspadaan dan mari kita urapi diri kita dan hati kita agar kita bisa tetap berada dalam rancangan Tuhan dan tida menjadi seperti Esau.

b. Berkaitan dengan 12 pintu gerbang Israel.

Untuk detail hal ini saya sarankan bisa membaca dan mempelajari buku tetnang 12 pintu gerbang yang ditulis oleh alm. Pdt. Dr. Petrus Agung, S.Th.

Untuk ringkasnya mengenai 12 pintu gerbang ini yang saya ambil dari kotbah bu Ev. Nany Susanty,SH yang terdapat pada blog adalah sebagai berikut:

1. Pintu Gerbang Ruben (Kejadian 49 :3,4)
*tempat mengambil keputusan bagi pemimpin kota untuk membicarakan masa depan kota
*keputusan yg diambil tiap kita setiap hari menentukan masa depan seseorang.
*Berkat dibalik pintu Ruben : kekuatan, kegagahan, keluhuran, kesanggupan, berkat yg membual spt air. (tak terhentikan berkatnya)

2.Pintu Gerbang Simeon (Kejadian 49:5-7)
*Tiap orang yg memasuki gerbang ini akan dihancurkan karakter/sifat jeleknya supaya dapat memiliki hati hamba
*Berkat dibalik pintu Simeon : pembentukan karakter, sumur bersyeba (Yosua 19 :1-2) yaitu ada 7 sumber mata air yg merupakan gambaran berkat yg sempurna
*kalau kita merelakan sifat jelek kita dihancurkan sampai habis, maka berkat Tuhan akan terus mengalir san tak terhentikan

3. Pintu Gerbang Lewi ( Kejadian 49 :5)
*Suku Lewi adalah orang yg dikuduskan Tuhan untuk melayani bait Allah (pendoa, imam)
*di gerbang ini tersedia banyak jubah dan tiap orang mendapat jubah yg berlainan : jubah imam, pendoa syafaat, penari, pemusik, pemuji, pemimpin pujian, kerendahan hati, raja, pilar, pekerja, mempelai dan banyak lagi.
*mintalah hikmat Tuhan dan memohon minta jubah yg tepat sesuai dengan kapasitas masing-masing.
*Tuhan memberi kepercayaan untuk kita berdoa bagi keluarga, bangsa dan negara dimana kita ditempatkan.

4. Pintu Gerbang Yehuda (Kejadian 49 :8-12)
*berkat dibalik pintu Yehuda : kemenangan (musuh kita adlh manusia lama kita = kegagalan, kebangkrutan, dan musuh yg paling berbahaya adalah diri kita sendiri) gagah perkasa dan keberanian ( berani bertanggung jwb, berani menyatakan kebenaran, misal kita lakukan kesalahan, segera minta ampun, hadapi dengan kegagahan dan berani), berkat memerintah sebagai raja ( Tuhan beri tongkat otoritas supaya orang percaya membuat dampak bagi lingkungannya) berkat kelimpahan ( daud dan Tuhan Yesus pun dari keturunan Yehuda)

5. Pintu Gerbang Zebulon (kejadian 49 : 13)
*berkat dibalik pintu Zebulon : menguasai kelautan/perairan, berkat kepahlawanan untuk melakukan segala sesuatu.
*Zebulon adalah suku yg selalu berani menghadapi badai dan mempertaruhkan nyawanya
*berani percaya dan memperkatakan perkataan iman, maka semua akan menjadi kenyataan.

6. Pintu Gerbang Isakhar (Kejadian 49:14,15)
* arti kata Isakhar adalah pekerja upahan
* berkat di balik pintu ini adalah : kemampuan menanggung beban, kutuk diubah jadi berkat, apapun beban yang Tuhan ijinkan kita tanggung itu bisa kita tanggung karena penyertaan Tuhan sempurna dan anugerahNya memampukan kita menanggungnya.
*berkat ini memberi kemampuan untuk bertindak dengan ketepatan.

7. Pintu Gerbang Gad (Kejadian 49 :19)
*berkat dibalik pintu ini adalah : berkat gagah perkasa, sifat kepahlawanan.
*sifat dan karakter yang tidak mementingkan diri sendiri, tidak memusingkan urusan pribadinya melainkan maju terus untuk mencapai tujuan, disiplin tinggi, maju terus pantang mundur, sekalipun musti dibayar dengan nyawa, bila sudah memulai sesuatu maka ia akan menyelesaikannya sampai tuntas dan tidak akan meninggalkan pekerjaannya karena kecewa. semua tugas yang diberikan kepadanya akan dilaksanakan sampai tuntas dan baik.
*minta Tuhan ubah cara pikir kita menjadi seorang pahlawan akhir jaman. karena kristen yg biasa saja akan tertinggal dan tidak dapat memasuki masa lawatan.

8. Pintu Gerbang Naftali ( Kejadian 49 : 21)
*Berkat di pintu gerbang ini adalah : berkat pelipatgandaan (mandul dan gagal diubah jadi keberhasilan), berkat perkenanan ( Tuhan turunkan tongkat perkenananNya yang membuat mudah untuk menghadapi masalah atau tantangan. ) saat tongkat perkenanan diulurkan maka terjadi pelipatgandaan berkat hingga kita bisa menjadi saluran berkat bagi orang lain.

9. Pintu Gerbang Asyer ( Kejadian 49 : 20)
*arti Asyer : berbahagia
*Berkat dibalik pintu ini adalah : Tuhan sediakan makanan yg berlimpah ruah, tapi ingatlah akan orang lain dan jadilah saluran berkat bagi mereka. dan juga berkat melayani raja-raja, dan melayani Raja di atas segala raja. kaki yang penuh urapan minyak, suka menolong orang lain, dan kekuatan perlindungan , tidak sombong dan rendah hati.
10. Pintu Gerbang Efraim dan Manasye ( Kejadian 48 : 16, 20)
* Berkat dibalik pintu ini adalah : anak-anak yg diberkati Tuhan (anak2 yg bisa mengangkat nama baik orangtuanya), berkat pelipatgandaan (diberkati hingga keturunannya bertambah banyak), berkat kepahlawanan (yefta adalah keturunan Manasye dan menjadi pahlawan bagi Israel)
*suku Efraim (Yosua suku efraim yg membawa bangsa israel masuk ke tanah perjanjian)

11. Pintu Gerbang Benyamin (Kejadian 49 : 27)
*berkat dibalik pintu ini adalah : kutuk diubah menjadi berkat, punya keberanian yg benar, punya ketrampilan yg luarbiasa, ketajaman dan ketepatan, punya keintiman dengan TUhan, menjadi kekasih Raja, Perlindungan Tuhan.
*Serigala adalah binatang yg mempunyai keberanian yg luarbiasa dan ketepatan. dan di kitab Hakim-hakim ada seorang bernama Ehud yg kidal tapi memiliki ketrampilan yg luarbiasa.
*kita harus minta berkat tersebut turun atas hidup kita agar kita mengerjakan dengan terampil dan tepat.
*Ester pun keturunan raja Saul dari suku Benyamin. ia tepat, berani, dan punya keintiman hingga ia menjadi kekasih raja. maka kita pun dipanggil untuk memiliki keintiman dengan Raja diatas segala raja, sehingga kita menjadi kekasihNya.

12. Pintu Gerbang Yusuf ( Kejadian 49 : 22-26)
*arti nama ini adalah : kiranya TUhan menambah-nambahkan lagi.
*berkat dibalik pintu gerbang ini adalah : kesuburan, keperkasaan, berkat dari langit-margasatwa, berkat samudra raya- seperti berkat Zebulon, berkat pelipatgandaan, berkat yg paling sedap, berkat menjadi orang teristimewa
*beberapa tindakan profetik untuk terima berkat ini adalah : makan buah kiwi dan urapi kaki dengan minyak urapan, minum susu dicampur madu, akhiri dengan perjamuan kudus.
*buah kiwi dengan biji yg bnyk di dalamnya adalah lambang berkat pelipatgandaan dari Tuhan.
*pengurapan kaki agar kita tetap kuat dan kokoh terima berkat yg mengalir luarbiasa untuk kita.
*minum susu dengan madu sebagai lambang kekuatan dan kemanisan untuk memasuki masa kejayaan, masa keemasan, masa Salomo

Mari kita klaim untuk 12 pintu gerbang ini bisa terbuka atas hidup kita dan kita nyatakan berkat yang tersirat dari 12makna 12 pintu gerbang ini bisa turun atas hidup kita.

c. Berkaitan dengan Gerbang sebagai orang bisa membawa barang keluar masuk dan juga berhubungan dengen keledai

Mari kita baca :

Yesaya 60:11

(HOT) ופתחו שׁעריך תמיד יומם ולילה לא יסגרו להביא אליך חיל גוים ומלכיהם נהוגים׃

(IBIS) Siang malam pintu gerbangmu akan terbuka, supaya kekayaan bangsa-bangsa dapat diantar kepadamu, dengan raja-raja mereka sebagai tawanan.

(ISV) Your gates will always stand open by day or night, and they will not be shut, so that nations will bring you their wealth, with their kings led in procession.

(ITB) Pintu-pintu gerbangmu akan terbuka senantiasa, baik siang maupun malam tidak akan tertutup, supaya orang dapat membawa kekayaan bangsa-bangsa kepadamu, sedang raja-raja mereka ikut digiring sebagai tawanan.

(KJV) Therefore thy gates shall be open continually; they shall not be shut day nor night; that men may bring unto thee the forces of the Gentiles, and that their kings may be brought.

Mazmur 24:7-10
Angkatlah kepalamu, hai pintu-pintu gerbang, dan terangkatlah kamu, hai pintu-pintu yang berabad-abad, supaya masuk Raja Kemuliaan!
"Siapakah itu Raja Kemuliaan?" "TUHAN, jaya dan perkasa, TUHAN, perkasa dalam peperangan!"
Angkatlah kepalamu, hai pintu-pintu gerbang, dan terangkatlah kamu, hai pintu-pintu yang berabad-abad, supaya masuk Raja Kemuliaan!
"Siapakah Dia itu Raja Kemuliaan?" "TUHAN semesta alam, Dialah Raja Kemuliaan!" Sela

Dari kitab Yesaya di atas ita dapat Melihat bahwa ini adalah masa dimana Tuhan akan membuat kekayaan bangsa-bangsa datang (kelimpahan / terobosan dalam keuangan). Saya yakin bahwa di tahun ini Tuhan akan membuat umat-Nya mengalami pemulihan dari ekonomi sehingga bisa menjaid berkat buat yang lain, namun bagaimana itu bisa terjadi, yah dapat kita lihat pada kita Mazmur di atas yakni musti memerintahkan pintu gerbang terangkat dan terbuka, agar RAJA KEMULIAAN - TUHAN SEMESTA ALAM masuk dan tinggal bersama-sama dengan kita, yang berarti kita harus membuka hati dan diri kita untuk mengalami suatu tingkat keintiman yang lebih lagi dengan Tuhan.

Lalu apa hubungannya dengan keledai?

Mari kita baca:

Ul 33:18-19 ..., hai Isakhar, atas kemah-kemahmu. Bangsa-bangsa akan dipanggil mereka datang ke gunung; di sanalah mereka akan mempersembahkan korban sembelihan yang benar, sebab mereka akan mengisap kelimpahan laut dan harta yang terpendam di dalam pasir."

Dikatakan di atas bahwa akan ada yang mempersembahkan korban sembelihan yang benar dan pastinya dengan membawa kelimpahan harta yang tersimpan dan terpendam yang datang ke suku isakhar. Jaman dahulu salah 1 hewan yang dipergunakan untuk transportasi adalah keledai dan keledai cukup fenomenal di alkitab. Mengapa demikian?

1. Tuhan membuat keledai Bileam berbicara untuk mencegah Bileam mengutuk Israel
2. Tuhan Yesus pun menggunakan keledai saat memasuki Yerusalem untuk dieluk-elukan sebagai Raja.

Lalu ada hubungannya dengan gerbang yang dilalui berkat, kemudian agar Raja Kemuliaan masuk, dengan suku Isakhar, lalu keledai, lalu Tuhan Yesus masuk dan dieluk-elukan?

Pada point ini yang Tuhan taruh dan nyatakan bahwa kita harus memastikan pintu gerbang hidup kita itu terbuka agar Tuhan Yesus bisa masuk dan kita harus hidup seperti suku Isakhar hidup sehingga kita bisa menerima berkatnya, yakni harta yang terpendam (berkat-berkat) itu datang membuat kita kelimpahan. Lalu apa yang unik dari suku Isakhar ini? Mereka adalah satu-satunya suku di Israel yang memperhatikan musim dan waktu dan mengumumkan kepada segenap bangsa Israel. Hal ini berarti kita harus bisa mengenal musim dan waktu dari pergerakan Tuhan untuk mengalami terobosan dalam hidup sekalipun Tuhan telah masuk dalam hidup kita. Pada Mazmur 25 tertulis kalau Tuhan akan memberitahukan rahasia-Nya kepada orang yang takut akan Dia. Saya percaya kalau kita bergaul karib dengan Tuahn dan hidup mulai repect pada Tuhan (takut akan Tuhan) pastinya kita akan mengerti dan mengenal waktu dan musim Tuhan karena Tuhan sendiri yang akan kasih tahu rahasia yang akan Dia kerjakan.

d. Berkaitan dengan gerbang / portal rohani yang menjadi jasmaniah

Jika kita telah mempelajari dari awal bahwa banyak hal yang terjadi dari sisi rohani dan saat kita kerjakan kita akan melihat berkat / mujizat menjadi nyata dan menjadi suatu kesaksian yang hidup. Pintu berkat rohani yang memberikan efek mujizat atas hidup kita yang bisa kita lihat dan rasakan pastinya akan sangat tergantung dari bagaimana cara ita merespon berbagai padang gurun yang kita alami. Dalam hal ini bisa kita lihat dari kisah hidup para tokoh di Alkitab, seperti:

1. Sadrak, Mesak, dan Abednego yang harus membela imannya sampai ke dapur perapian dan berkomitmen bahwa apapun yang terjadi tidak akan mau menyembah kepada berhala dan mujizat terjadi saat berada di dalam dapur perapian
2. Daniel yang membela iman dengan tetap beribadah kepada Tuhan dan tidak mau menyentuh makanan raja dan cara hidup saat itu yang akhirnya dimasukan ke dalam goa singa dan melihat bagaimana penjagaan terjadi dan pemulihan pun terjadi
3. Yakub, saat dicobai yang mana dia sendiri pernah menjadi kecewa dan marah sama Tuhan, namun tetap bertobat dan balik lagi untuk mencari Tuhan sampai akhirnya Tuhan memulihkan keadaannya 7x lipat dari sebelumnya
4. Daud yang mana harus lari karena akan dibunuh Saul dan saat ada kesempatan, ia tidak mau membunuh Saul dan tetap memnanti proses Tuhan sampai ia akhirnya menjadi raja
5. Yusuf, yang dijual saudara-saudaranya lalu difitnah oleh tante potifar lalu masuk penjara, namun respon tetap positif dan mengutamakan Tuhan sampai akhirnya ia menjadi orang no.2 di Mesir.

Jadi kesimpulan dari seluruh point tetntang gerbang ini adalah, apa yang saat ini kita lakukan dan responi akan mempengaruhi masa depan kita dan keturunan kita. Jadi kita harus berespon positif, jika sudah lari dari jalur Tuhan yah harus bertobat dan minta ampun. Selain itu kita ahrus mengamankannya seperti Orang Israel mengamankan kondisi keluarga mereka dari malaikat maut dengan darah domba sulung di gerbang mereka, maka kita harus hidup dan tinggal dengan Darah Anak Domba dan pastinya harus semakin gencar dalam menceritakan kebaikan dan kemuliaan Tuhan yang menjadi nyata dalam hidup kita walau apapun dapat mengancam nyawa kita, karena ini adalah senjata yang mengalahkan iblis.

Mari kita baca Wahyu 12:11 Dan mereka mengalahkan dia oleh darah Anak Domba, dan oleh perkataan kesaksian mereka. Karena mereka tidak mengasihi nyawa mereka sampai ke dalam maut.

3. Tanda
Kejadian yang akan terjadi pada 23 September 2017 nanti adalah suatu tanda penggenapan dari WAHYU 12 yang akan dilakukan alam dengan sistem perbintangan, yakni keluarnya planet jupiter dari orbit bintang virgo, yang mana planet jupiter sudah di sana sejak 23 September 2016 saat perayaan Hanukah. Kejadian ini persis seperti wanita yang telah mengandung selama 9 bulan dan akhirnya melahirkan. Untuk detailnya rekan-rekan bisa mencari di youtube ataupun di google tentang pembahasan 23 September 2017.

Pada intinya menurut saya, nanti yang akan terjadi adalah suatu tanda penggenapan wahyu 12 tentang lahirnya seorang anak laki-laki (bukan geraja yah, karena kalau gereja disebut sebagai dia perempuan [her]). Sedangkan tentang naga dan kejadian yang terjadi adalah sesuatu hal yang akan terjadi secara alam roh dan membuat anak-anak pilihan Tuhan untuk melakukan kegerakan akan disiapkan untuk berperang dan terjadinya peperangan di alam roh untuk menggagalkan orang-orang pilihan Tuhan ini.

Adapun tugas dan tanggung jawab dari orang-orang pilihan Tuhan ini yang disebut sebagai anak laki-laki adalah melakukan suatu peperangan rohani dan kegerakan yang membuat sesuatu hal rohani menjadi real dan mengarahkan ke penuaian untuk terjadi.

Oleh karena itu mari kita siapkan hati dan kita jalani Ayin Chet ini dengan sikap hati yang benar di hadapan Tuhan, semakin berusaha mengenal Tuhan secara pribadi, menjaga gerbang atas masa depan, menjaga gerbang berkat, memulai suatu start yang baru untuk mengalami terobosan. Sehingga kita bisa memberikan kesaksian yang hidup dan memperkenalkan bahwa Tuhan Yesus itu nyata.

Tuhan Yesus memberkati.




| bisnis online |

Tidak ada komentar:

Posting Komentar