Selasa, 22 September 2015

ROSH HASHANAH 5776 - AYIN VAV


Shalom Alaichem....

Tidak berasa sudah 1 tahun sejak september 2015 sampai 2016, dari ayin hey menjadi ayin vav. Pada masa Ayin Hey kita semua sudah melihat banya ksekali kejadian luar biasa yang terjadi, seperti beberapa goncangan yang membuat dunia juga pada kebingungan dan menaruh perhatiannya, yakni seperti: ISIS yang berusaha mengguncang iman orang yang percaya dengan cara melakukan pembunuhan-pembunuhan, munculnya kembali virus Ebola yang sebelumnya sudah punah, MERS, SARS, goncangan ekonomi dunia, bencana alam.

Puncak perayaan rosh hashanah berlangsung pada 14 September 2015 kemarin, yang diawali perayaannya sejak 13 September 2015. Pada momen ini banyak kejadian bersamaan yang menurut saya tidak biasanya, seperti: Indonesia merdeka 70 tahun, pada 30 sept 15 sudah sekitar 50 tahun masa sejak G 30 S PKI, serta perayaan shukot )hari raya pondok Daud) yang bertepatan dengan gerhana blood moon thetrad, belum lagi Israel merayakan yobel atas keluar dari babel. hari raya idul adha 1 hari setelah perayaan yom kippur (hari raya penebusan).

Ayin Vav - 5776 terdiri dari angka 5, 7, 7, dan 6. Angka 5 yang dikenal sebagai Khamesy yang mempunyai arti anugerah Allah. Angka 7 yang mempunyai arti kesempurnaan, pengudusan. Angka 6 dikenal sebagai Syesy yakni manusia. Sehingga secara numerik diartikan sebagai anugerah Allah yang terus berlimpah dan membawa kita menuju kesempurnaan dalam menggenapi panggilan Allah sebagai manusia yang dipilih Allah.

Namun apa sih arti dari si Ayin Vav? Ayin telah kita pelajari pada yang artikel-artikel sebelumnya, yakni mata. Bahwa mata Tuhan itu memandang kepada kita. Lalu apa sih itu Vav? Mari ktia bahas....


Ketika kita lihat pada gambar di atas, maka kita bisa lihat bentuknya yang seperti kait (cantolan). Angka 6 dibaca wau, kadang dibaca vau, atau vav adalah huruf ke-6 dari abjad Semitik termasuk Abjad Fenisia, Abjad Aram, Abjad Ibrani, Abjad Suryani, dan Abjad Arab ("ke-6" dalam Sistem bilangan abjad; ke-27 dalam abjad Arab modern). Dalam bahasa Yunani menjadi huruf gabungan (Ϝ, yang namanya Ϝαυ) dan huruf upsilon (Υ), serta alfabet Etruscan V (V atau V). Yang terakhir ini adalah cikal bakal huruf Latin F.


Seperti yang saya terangkan di atas bahwa angka 6 berarti manusia, maka sesuai gambar di atas juga ini mempunyai hubungan dengan proses penciptaan. Kenapa berhubungan dengan proses penciptaan? Yah karna manusia harus melalui penciptaan. Jika kita baca pada kejadian 1, bahwa Tuhan menciptakan langit dan bumi. Ini berarti bahwa Tuhan mempunyai inisiatif untuk mencipta dan Tuhan ingin adanya suatu hubungan antara surga dan bumi.

Apostle Chuck Pierce di Glory of Zion International Ministry menerangkan bahwa apa yang kita bangun di tahun ini akan memberikan pengaruh terhadap hidup kita selama 10 tahun dan kita harus melakukan pengamanan untuk masa depan kita. Kenapa? karna pada tahun ini Tuhan memulai untuk proses menciptakan, untuk membangun sebuah hubungan yang lebih intim lagi. Sehingga kita harus mulai untuk menjadi sahabat Dia, mulai meninggalkan semua yang lama, meninggalkan semua yang menjadi titik kegagalan kita, karna tidak mungkin kantong kirbat anggur yang lama bisa menampung anggur yang baru bukan? Kantung anggur ini berbicara mengenai pola pikir, sehingga kita harus bisa mengganti pola pikir kita yang lama dengan baru yakni dengan Firman Tuhan yang menjad Rhema buat hidup kita.

Ketika berbicara menjadi sahabat, ayat ini tiba-tiba muncul dalam pikiran saya, yakni Mazmur 25:14, seperti yang saya kutib berikut:
(Mzm 25:14-ITB) TUHAN bergaul karib dengan orang yang takut akan Dia, dan perjanjian-Nya diberitahukan-Nya kepada mereka.
(Mzm 25:14-Bahasa Sehari-hari) TUHAN adalah sahabat orang yang takwa, Ia menyatakan maksud-Nya kepada mereka.
(Mzm 25:14=Amplified) The secret [of the sweet, satisfying companionship] of the Lord have they who fear (revere and worship) Him, and He will show them His covenant and reveal to them its [deep, inner] meaning..

Seorang sahabat pasti akan memberitahukan rahasianya, tidak hanya 1 rahasia melainkan seluruh rahasianya. Dari ayat di atas sangat jelas bahwa Tuhan maumenyampaikan perjanjian, maksud, arti seluruh perjanjian. dengan bahasa sederhananya, kalau Tuhan itu mau menuntun kita dalam segala aktivitas kita agar kita bisa berjalan sesuai rencana-Nya yakni digenapinya destiny hidup kita. Saya percaya karna Tuhan mempunyai makna seperti ini pasti iblis tidak akan tinggal diam dan dia akan berusaha menggagalkan seluruh hal itu dengan berbagai cara. Oleh karna itu kita harus tunduk kepada Allah, hidup sesuai Firman dan melawan nya.


Vav mempunyai bentuk seperti kail / cantolan. Hal ini berarti pada Tahun ini ada 2 kemungkinan yakni kita semakin terikat dengan Tuhan atau terikat dengan dunia. Jika kita terika dengan Tuhan maka kita akan hidup dalam perjanjian dengan Nya dengan kuasa Tubuh dan Darah Kristus. Namun jika kita terikat dengan dunia kita akan semakin terbawa oleh arus dunia dan menjadi serupa dengan dunia. Ketika kita berbcara mengenai Perjanjian maka ini mengarah kepada kisah Yakub yang bergumul dengan Tuhan dan kisah lainnya yang berjumpa dengan Tuhan.

Kenapa kail itu penting untuk dilihat? saya ambil contoh kalau kita lagi jalan di atas papan kayu atau lantai kayu tapi kita tida memperhatikan ada paku yang muncul , maka apa yang akan terjadi saat terinjak? berdarah kan? sakit kan? Oleh karena itu kita harus bisa melihat dan memperhatikan dengan benar soal kail ini, apakah cinta akan menjadi kail yang mengganjal hidup kita ataukah apa?

Contoh lain saya ambil cantolan, saat kita pergi berenang di laut saat kita sedang menyelam ternyata ada karang yang tanpa kita sadari pakaian renang kita tersangkut pada ujung dari karang tersebut dan kita tidak bisa lepasin itu dan tidka ada orang yang datang membantu kita, apa yang terjadi? pasti mampus bukan? so kail ini bisa membuat kita mati namun juga bisa memberikan kehidupan, oleh karena itu lah tahun ini akan menjadi penentu dari 10 tahun mendatang. kenapa 10? karena Angka 10 ini dapat mengartikan kelengkapan atau keseluruhan suatu hal.—Keluaran 34:28; Lukas 19:13; Penyingkapan 2:10.

Vav berbicara tentang “sulam”, seperti tangga dari bumi sampai ke surga, di mimpi Yakub. Saat itu Tuhan untuk pertama kalinya memperkenalkan diriNya kepada Yakub dengan berkata “Akulah TUHAN, Allah Abraham, nenekmu, dan Allah Ishak. Adapun ayatnya seperti berikut ini:

Kej 28:12
ITB : Maka bermimpilah ia, di bumi ada didirikan sebuah tangga yang ujungnya sampai di langit, dan tampaklah malaikat-malaikat Allah turun naik di tangga itu.
Bahasa Sehari-hari : Kemudian bermimpilah ia bahwa ia melihat sebuah tangga yang berdiri di bumi dan ujungnya mencapai langit dan malaikat-malaikat turun naik di tangga itu.
Amplified : And he dreamed that there was a ladder set up on the earth, and the top of it reached to heaven; and the angels of God were ascending and descending on it!

Kej 28:13
ITB : Berdirilah TUHAN di sampingnya dan berfirman: "Akulah TUHAN, Allah Abraham, nenekmu, dan Allah Ishak; tanah tempat engkau berbaring ini akan Kuberikan kepadamu dan kepada keturunanmu.
Bahasa Sehari-hari : Dan di sampingnya berdirilah TUHAN dan berkata, "Akulah TUHAN, Allah yang dipuja Abraham dan Ishak. Aku akan memberikan kepadamu dan kepada keturunanmu tanah tempat engkau berbaring ini.
Amplified : And behold, the Lord stood over and beside him and said, I am the Lord, the God of Abraham your father [forefather] and the God of Isaac; I will give to you and to your descendants the land on which you are lying.

Kej 28:14
ITB : Keturunanmu akan menjadi seperti debu tanah banyaknya, dan engkau akan mengembang ke sebelah timur, barat, utara dan selatan, dan olehmu serta keturunanmu semua kaum di muka bumi akan mendapat berkat.
Bahasa Sehari-hari : Keturunanmu akan sebanyak debu di bumi. Mereka akan memperluas wilayah mereka ke segala arah, dan melalui engkau dan keturunanmu, Aku akan memberkati semua bangsa di bumi.
Amlified : And your offspring shall be as [countless as] the dust or sand of the ground, and you shall spread abroad to the west and the east and the north and the south; and by you and your Offspring shall all the families of the earth be blessed and bless themselves.

Kej 28:15
ITB :Sesungguhnya Aku menyertai engkau dan Aku akan melindungi engkau, ke manapun engkau pergi, dan Aku akan membawa engkau kembali ke negeri ini, sebab Aku tidak akan meninggalkan engkau, melainkan tetap melakukan apa yang Kujanjikan kepadamu."
Bahasa Sehari-hari: Ingatlah, Aku akan menolong dan melindungimu, ke mana pun engkau pergi, dan Aku akan membawamu kembali ke negeri ini. Aku tak akan meninggalkan engkau sampai telah Kulakukan segala apa yang Kujanjikan kepadamu."
Amplified: And behold, I am with you and will keep (watch over you with care, take notice of) you wherever you may go, and I will bring you back to this land; for I will not leave you until I have done all of which I have told you.

Jika kita perhatikan ayat di atas maka kita akan melihat bahwa ketika Yakub melihat tangga ada suatu perjanjian yang Tuhan berikan atas hidup dia dan itu tidak akan pernah gagal, maka di tahun ini juga tangga yang melingkar ke atas sama seperti yang dilihat oleh Yakub dinyatakan Tuhan atas kita dan apakah kita akan meresponnya? Jika mau ayo kita deklarasikan:

"Saya (Sebut namamu) , menerima janji Tuhan atas Yakub, yakni keturunan akan banyak, bahwa saya akan berkembang ke timur, barat utara dan selatan, baik dalam karir, keuangan, masa depan, keluarga, bisnis. Semuanya akan berkembang. Saya akan menjadi berkat atas bangsa=bangsa. Bahwa ada perlindungan Tuhan atas hidup saya, ada penyertaan Tuhan sehingga apapun yang saya lakukan pasti berhasil, akan ada pemberitahuan dari Tuhan atas segala hal yang terjadi di hidup saya. Bahwa saya tidak akan meninggalkan Tuhan dan Tuhan tidak akan pernah meninggalkan saya, Ia akan membawa saya menggenapi destiny hidup ku, karna ada pertolongan Tuhan turun atas hidupku dalam segala aspek. dan dimateraikan oleh Darah Yesus. hanya di dalam nama Tuhan Yesus, amin."

Di tahun ini pastinya bakal banyak hal yang datang dan mengganggu fokus hidup kita, apakah kita akan menaruh Tuhan sebagai center hidup kita ataukah kita akan terbawa arus dan fokus hidup kita menjadi dunia? karena di tahun ini akan ada penyaringan dan pembedaan antara mereka yang hidup di dalam perjanjian dan yang tidak. Mana yang akan kamu pilih? karena kita tidak bisa hidup dan bekerja untuk 2 tuan. Salah 1 yang saya yakin akan terlihat adalah uang. kenapa saya ambil contoh uang? karena tadi kita lihat Tuhan janji kepada Yakub soal berkat, salah 1 contoh berkat yang terlihat adalah sektor keuangan.

Ketika keuangan kita diberkati Tuhan dan mulai mengalami peningkatan life style, apakah kita akan merubah penampilan dan pola pikir kita ataukah akan tetap sama? Apakah kita akan masih mudah memberi ataukah akan menjadi perhitungan? Jujur saya maish sangat perhitungan. Maklum cina medan. hehehehehe, walaupun bukan alasan :-P , sehingga kita bisa lihat awalnya bagus yakni berkat Tuhan datang dan memenuhi lumbung kita dan sesuai keinginan kita untuk memberkati tapi apakah akan memberikan dampak positif atau negatif dari reaksi kita? Apakah itu bisa membuat kita lupa kalau itu titipan Tuhan yang harus kita pakai untuk menabur?

Pdt. Daniel Alexander dalam kotbahnya di JKI Hananeel Surya pada tanggal 20 sept 15 kemarin kalau salah 1 ciri orang tidak pelit yang mengikuti teladan Tuhan Yesus adalah orang yang nominal pada rekeningnya 0, jadi hayo yang rekeningnya masih ada jangan2 pelit yah? hahahahhaa. this is only kidding yah. becandaan saja, peace ^_^v Di sini yang mau saya ingatkan juga untuk diri saya adalah mempunyai sikap hai yang benar agar tidak terkait oleh cantolan dunia walaupun awalnya rohani. Karna yang terdahulu bisa menjadi yang terakhir.


Vav juga berbicara mengenai apresiasi. karna pada saat setelah selesai menciptakan 1 kreasinya, Tuhan itu selalu memberkatinya. Saya menemukan 1 foto yang ada gambar Ayin Vav dan doa mengenai apresiasi dalam bahasa Spanyol yang bagus saat saya googling yakni seperti berikut:


Yang kalau gambar tersebut diartikan seperti berikut ini:
"terima kasih, terima kasih, melalui nama Yesus, atribut-atribut mulia Musa terbangun dalam diriku, diresapi / atau dengan atribut-atribut ini, mempertahankan dan menikmati semua berkat dan harta dalam hidup saya"

Dari gambar itu saya menangkap bahwa apresiasi yang sering kita abaikan, itu sangat penting sekali buat hidup kita. khususnya pada tahun ini. Kenapa? Seperti pada pembahasan sebelum-sebelumnya yakni di thaun ini akan menjadi titik dimana akan menentukan 10 tahun endatang akan menghasilkan buah yang seperti apa untuk hidup kita, sebagai penentuan hidup kita akan terikat dengan apa, apakah kita akan berjalan dalam perjanjian dengan Tuhan walau keadaan susah, apakah kita akan menjadi sahabatnya? Oleh karena itu kita wajib untuk bisa mengapresiasi setiap hal.

Kenapa harus mengucap syukur?
1. Karena ini adalah teladan Kristus
2. kata mengucap syukur jika kita cari di ebible akan menemukan 47 ayat.
3. Ini adalah perintah Paulus yang merupakan rasul untuk kita lakukan
Kolose 3:17 Dan segala sesuatu yang kamu lakukan dengan perkataan atau perbuatan, lakukanlah semuanya itu dalam nama Tuhan Yesus, sambil mengucap syukur oleh Dia kepada Allah, Bapa kita.
Kolose 4:2 Bertekunlah dalam doa dan dalam pada itu berjaga-jagalah sambil mengucap syukur.
4. Ini adalah kehendak Allah
1 Tesalonika 5:18 Mengucap syukurlah dalam segala hal, sebab itulah yang dikehendaki Allah di dalam Kristus Yesus bagi kamu.

Mengeluh itu sama seperti kita sedang menyirami tanaman bernama apsintus / wormwood yang pada akhirnya akan membuat kita mati dalam kepahitan - bisa baca artikel saya mengenai apsintus di http://heppyyohanes.blogspot.co.id/2015/01/apsintus-wormwood.html


Pada awal artikel saya sempat menyinggung perihal yobel Indonesia dari kisah G 30S PKI dan Yobel nya Israel. Sehingga di masa tahun ini ada suatu sukacita perihal kemenangan yang terjadi, yakni pembalikkan keadaan.

Beberapa pengertian tahun YOBEL yang perlu kita pahami:

1. Yesaya 28:11-12 “Sungguh, oleh orang-orang yang berlogat ganjil dan oleh orang-orang yang berbahasa asing akan berbicara kepada bangsa ini. Dia yang telah berfirman kepada mereka: "Inilah tempat perhentian, berilah perhentian kepada orang yang lelah; inilah tempat peristirahatan!" Tetapi mereka tidak mau mendengarkan.”

Dari ayat di atas bisa kita lihat bahwa YOBEL berhubungan dengan SABAT. SABAT artinya hari Perhentian. Mereka dikatakan masuk dalam perhentian waktu mereka berlogat ganjil, ini artinya mereka sedang memelihara hidup untuk terus KEPENUHAN Roh Kudus dan DIPIMPIN Roh Kudus.

2. Imamat 25:1-6 “TUHAN berfirman kepada Musa di gunung Sinai: "Berbicaralah kepada orang Israel dan katakan kepada mereka: Apabila kamu telah masuk ke negeri yang akan Kuberikan kepadamu, maka tanah itu harus mendapat perhentian sebagai sabat bagi TUHAN. Enam tahun lamanya engkau harus menaburi ladangmu, dan enam tahun lamanya engkau harus merantingi kebun anggurmu dan mengumpulkan hasil tanah itu, tetapi pada tahun yang ketujuh haruslah ada bagi tanah itu suatu sabat, masa perhentian penuh, suatu sabat bagi TUHAN. Ladangmu janganlah kautaburi dan kebun anggurmu janganlah kaurantingi. Dan apa yang tumbuh sendiri dari penuaianmu itu, janganlah kautuai dan buah anggur dari pokok anggurmu yang tidak dirantingi, janganlah kaupetik. Tahun itu harus menjadi tahun perhentian penuh bagi tanah itu. Hasil tanah selama sabat itu haruslah menjadi makanan bagimu, yakni bagimu sendiri, bagi budakmu laki-laki, bagi budakmu perempuan, bagi orang upahan dan bagi orang asing di antaramu, yang semuanya tinggal padamu.”

Di tahun Sabat mereka tidak boleh kerja bahkan di tahun YOBEL mereka ditambah 1tahun lagi tidak boleh bekerja. Ini artinya Tuhan mengajarkan mereka untuk PERCAYA. Perlu Iman dan ketaatan yang lebih besar lagi di tahun Ayin Vav.

3. Imamat 25:9 “Lalu engkau harus memperdengarkan bunyi sangkakala di mana-mana dalam bulan yang ketujuh pada tanggal sepuluh bulan itu; pada hari raya Pendamaian kamu harus memperdengarkan bunyi sangkakala itu di mana-mana di seluruh negerimu.”

YESUS adalah Imam besar yang telah menyediakan PENDAMAIAN dengan MENGORBANKAN dirinya sendiri.

Yohanes 8:11

“Jawabnya: "Tidak ada, Tuhan." Lalu kata Yesus: "Akupun tidak menghukum engkau. Pergilah, dan jangan berbuat dosa lagi mulai dari sekarang."

Pesan TUHAN “Jangan berbuat dosa lagi” artinya HIDUP KUDUS.

4. YOBEL dari kata Ibrani Yoh-vel artinya tanduk domba jantan untuk sangkakala. YOBEL artinya tiupan sangkakala, ada kabar yang sangat penting.

Selain itu Untuk Yobel Israel sendiri Jika kita merunut sejarah yang ada, maka kita akan mendapati bahwa Tahun Ibrani 5776 ini merupakan Tahun Yobel ke-70, terhitung sejak pertama kali bangsa Israel di bawah pimpinan Yosua, memasuki Tanah Kanaan (tahun 1416 SM). Atau dapat dikatakan bahwa pada tanggal 23 September 2015 nanti adalah tepat 3.430 tahun (70 kali 7 kali 7 tahun Sabat) lalu bangsa Israel resmi berdiri (established) sebagai sebuah negara. Dan beberapa gereja percaya kalau ini juga merupakan Tahun Yobel terakhir sebelum kedatangan Tuhan Yesus yang ke-2.

Sehingga ini berarti bahwa kedatangan Tuhan akan semakin dekat. Mari kita siapkan hati dan diri kita untuk menyongsong kedatangan-Nya dan pastinya untuk menggenapi destiny Tuhan atas hidup kita di tahun ini.

Sebelum ditutup artikel ini, saya sarankan untuk bisa nonton video singkat dari share bu Iin pada link berikut:
https://www.youtube.com/watch?v=7V0jpy6Deyc"

Happy Rosh Hashanah 5776, happy yom Kippur day....

Referens:
1. Glory of zion international ministry
2. Kotbah bu Iin Tjipto
3. http://gbicrownpalace.org/tahun-ayin-vav-5776/#sthash.GUdBqiT2.dpuf
4. http://catatanakhirzaman.com/index.php/2015/09/10/nubuatan-dalam-tahun-baru-ayin-vav/
5. http://www.jawaban.com/read/article/id/2015/09/14/90/150914133021/Israel-Rayakan-Tahun-Baru-Ayin-Vav-5776
6. http://keruxon.com/id/index.php/pendalaman-alkitab/84-tahun-2016-5776-ibrani-ayin-waw
7. https://www.youtube.com/watch?v=7V0jpy6Deyc


Shalom Alaichem....

Tidak berasa sudah 1 tahun sejak september 2015 sampai 2016, dari ayin hey menjadi ayin vav. Pada masa Ayin Hey kita semua sudah melihat banya ksekali kejadian luar biasa yang terjadi, seperti beberapa goncangan yang membuat dunia juga pada kebingungan dan menaruh perhatiannya, yakni seperti: ISIS yang berusaha mengguncang iman orang yang percaya dengan cara melakukan pembunuhan-pembunuhan, munculnya kembali virus Ebola yang sebelumnya sudah punah, MERS, SARS, goncangan ekonomi dunia, bencana alam.

Puncak perayaan rosh hashanah berlangsung pada 14 September 2015 kemarin, yang diawali perayaannya sejak 13 September 2015. Pada momen ini banyak kejadian bersamaan yang menurut saya tidak biasanya, seperti: Indonesia merdeka 70 tahun, pada 30 sept 15 sudah sekitar 50 tahun masa sejak G 30 S PKI, serta perayaan shukot )hari raya pondok Daud) yang bertepatan dengan gerhana blood moon thetrad, belum lagi Israel merayakan yobel atas keluar dari babel. hari raya idul adha 1 hari setelah perayaan yom kippur (hari raya penebusan).

Ayin Vav - 5776 terdiri dari angka 5, 7, 7, dan 6. Angka 5 yang dikenal sebagai Khamesy yang mempunyai arti anugerah Allah. Angka 7 yang mempunyai arti kesempurnaan, pengudusan. Angka 6 dikenal sebagai Syesy yakni manusia. Sehingga secara numerik diartikan sebagai anugerah Allah yang terus berlimpah dan membawa kita menuju kesempurnaan dalam menggenapi panggilan Allah sebagai manusia yang dipilih Allah.

Namun apa sih arti dari si Ayin Vav? Ayin telah kita pelajari pada yang artikel-artikel sebelumnya, yakni mata. Bahwa mata Tuhan itu memandang kepada kita. Lalu apa sih itu Vav? Mari ktia bahas....


Ketika kita lihat pada gambar di atas, maka kita bisa lihat bentuknya yang seperti kait (cantolan). Angka 6 dibaca wau, kadang dibaca vau, atau vav adalah huruf ke-6 dari abjad Semitik termasuk Abjad Fenisia, Abjad Aram, Abjad Ibrani, Abjad Suryani, dan Abjad Arab ("ke-6" dalam Sistem bilangan abjad; ke-27 dalam abjad Arab modern). Dalam bahasa Yunani menjadi huruf gabungan (Ϝ, yang namanya Ϝαυ) dan huruf upsilon (Υ), serta alfabet Etruscan V (V atau V). Yang terakhir ini adalah cikal bakal huruf Latin F.


Seperti yang saya terangkan di atas bahwa angka 6 berarti manusia, maka sesuai gambar di atas juga ini mempunyai hubungan dengan proses penciptaan. Kenapa berhubungan dengan proses penciptaan? Yah karna manusia harus melalui penciptaan. Jika kita baca pada kejadian 1, bahwa Tuhan menciptakan langit dan bumi. Ini berarti bahwa Tuhan mempunyai inisiatif untuk mencipta dan Tuhan ingin adanya suatu hubungan antara surga dan bumi.

Apostle Chuck Pierce di Glory of Zion International Ministry menerangkan bahwa apa yang kita bangun di tahun ini akan memberikan pengaruh terhadap hidup kita selama 10 tahun dan kita harus melakukan pengamanan untuk masa depan kita. Kenapa? karna pada tahun ini Tuhan memulai untuk proses menciptakan, untuk membangun sebuah hubungan yang lebih intim lagi. Sehingga kita harus mulai untuk menjadi sahabat Dia, mulai meninggalkan semua yang lama, meninggalkan semua yang menjadi titik kegagalan kita, karna tidak mungkin kantong kirbat anggur yang lama bisa menampung anggur yang baru bukan? Kantung anggur ini berbicara mengenai pola pikir, sehingga kita harus bisa mengganti pola pikir kita yang lama dengan baru yakni dengan Firman Tuhan yang menjad Rhema buat hidup kita.

Ketika berbicara menjadi sahabat, ayat ini tiba-tiba muncul dalam pikiran saya, yakni Mazmur 25:14, seperti yang saya kutib berikut:
(Mzm 25:14-ITB) TUHAN bergaul karib dengan orang yang takut akan Dia, dan perjanjian-Nya diberitahukan-Nya kepada mereka.
(Mzm 25:14-Bahasa Sehari-hari) TUHAN adalah sahabat orang yang takwa, Ia menyatakan maksud-Nya kepada mereka.
(Mzm 25:14=Amplified) The secret [of the sweet, satisfying companionship] of the Lord have they who fear (revere and worship) Him, and He will show them His covenant and reveal to them its [deep, inner] meaning..

Seorang sahabat pasti akan memberitahukan rahasianya, tidak hanya 1 rahasia melainkan seluruh rahasianya. Dari ayat di atas sangat jelas bahwa Tuhan maumenyampaikan perjanjian, maksud, arti seluruh perjanjian. dengan bahasa sederhananya, kalau Tuhan itu mau menuntun kita dalam segala aktivitas kita agar kita bisa berjalan sesuai rencana-Nya yakni digenapinya destiny hidup kita. Saya percaya karna Tuhan mempunyai makna seperti ini pasti iblis tidak akan tinggal diam dan dia akan berusaha menggagalkan seluruh hal itu dengan berbagai cara. Oleh karna itu kita harus tunduk kepada Allah, hidup sesuai Firman dan melawan nya.


Vav mempunyai bentuk seperti kail / cantolan. Hal ini berarti pada Tahun ini ada 2 kemungkinan yakni kita semakin terikat dengan Tuhan atau terikat dengan dunia. Jika kita terika dengan Tuhan maka kita akan hidup dalam perjanjian dengan Nya dengan kuasa Tubuh dan Darah Kristus. Namun jika kita terikat dengan dunia kita akan semakin terbawa oleh arus dunia dan menjadi serupa dengan dunia. Ketika kita berbcara mengenai Perjanjian maka ini mengarah kepada kisah Yakub yang bergumul dengan Tuhan dan kisah lainnya yang berjumpa dengan Tuhan.

Kenapa kail itu penting untuk dilihat? saya ambil contoh kalau kita lagi jalan di atas papan kayu atau lantai kayu tapi kita tida memperhatikan ada paku yang muncul , maka apa yang akan terjadi saat terinjak? berdarah kan? sakit kan? Oleh karena itu kita harus bisa melihat dan memperhatikan dengan benar soal kail ini, apakah cinta akan menjadi kail yang mengganjal hidup kita ataukah apa?

Contoh lain saya ambil cantolan, saat kita pergi berenang di laut saat kita sedang menyelam ternyata ada karang yang tanpa kita sadari pakaian renang kita tersangkut pada ujung dari karang tersebut dan kita tidak bisa lepasin itu dan tidka ada orang yang datang membantu kita, apa yang terjadi? pasti mampus bukan? so kail ini bisa membuat kita mati namun juga bisa memberikan kehidupan, oleh karena itu lah tahun ini akan menjadi penentu dari 10 tahun mendatang. kenapa 10? karena Angka 10 ini dapat mengartikan kelengkapan atau keseluruhan suatu hal.—Keluaran 34:28; Lukas 19:13; Penyingkapan 2:10.

Vav berbicara tentang “sulam”, seperti tangga dari bumi sampai ke surga, di mimpi Yakub. Saat itu Tuhan untuk pertama kalinya memperkenalkan diriNya kepada Yakub dengan berkata “Akulah TUHAN, Allah Abraham, nenekmu, dan Allah Ishak. Adapun ayatnya seperti berikut ini:

Kej 28:12
ITB : Maka bermimpilah ia, di bumi ada didirikan sebuah tangga yang ujungnya sampai di langit, dan tampaklah malaikat-malaikat Allah turun naik di tangga itu.
Bahasa Sehari-hari : Kemudian bermimpilah ia bahwa ia melihat sebuah tangga yang berdiri di bumi dan ujungnya mencapai langit dan malaikat-malaikat turun naik di tangga itu.
Amplified : And he dreamed that there was a ladder set up on the earth, and the top of it reached to heaven; and the angels of God were ascending and descending on it!

Kej 28:13
ITB : Berdirilah TUHAN di sampingnya dan berfirman: "Akulah TUHAN, Allah Abraham, nenekmu, dan Allah Ishak; tanah tempat engkau berbaring ini akan Kuberikan kepadamu dan kepada keturunanmu.
Bahasa Sehari-hari : Dan di sampingnya berdirilah TUHAN dan berkata, "Akulah TUHAN, Allah yang dipuja Abraham dan Ishak. Aku akan memberikan kepadamu dan kepada keturunanmu tanah tempat engkau berbaring ini.
Amplified : And behold, the Lord stood over and beside him and said, I am the Lord, the God of Abraham your father [forefather] and the God of Isaac; I will give to you and to your descendants the land on which you are lying.

Kej 28:14
ITB : Keturunanmu akan menjadi seperti debu tanah banyaknya, dan engkau akan mengembang ke sebelah timur, barat, utara dan selatan, dan olehmu serta keturunanmu semua kaum di muka bumi akan mendapat berkat.
Bahasa Sehari-hari : Keturunanmu akan sebanyak debu di bumi. Mereka akan memperluas wilayah mereka ke segala arah, dan melalui engkau dan keturunanmu, Aku akan memberkati semua bangsa di bumi.
Amlified : And your offspring shall be as [countless as] the dust or sand of the ground, and you shall spread abroad to the west and the east and the north and the south; and by you and your Offspring shall all the families of the earth be blessed and bless themselves.

Kej 28:15
ITB :Sesungguhnya Aku menyertai engkau dan Aku akan melindungi engkau, ke manapun engkau pergi, dan Aku akan membawa engkau kembali ke negeri ini, sebab Aku tidak akan meninggalkan engkau, melainkan tetap melakukan apa yang Kujanjikan kepadamu."
Bahasa Sehari-hari: Ingatlah, Aku akan menolong dan melindungimu, ke mana pun engkau pergi, dan Aku akan membawamu kembali ke negeri ini. Aku tak akan meninggalkan engkau sampai telah Kulakukan segala apa yang Kujanjikan kepadamu."
Amplified: And behold, I am with you and will keep (watch over you with care, take notice of) you wherever you may go, and I will bring you back to this land; for I will not leave you until I have done all of which I have told you.

Jika kita perhatikan ayat di atas maka kita akan melihat bahwa ketika Yakub melihat tangga ada suatu perjanjian yang Tuhan berikan atas hidup dia dan itu tidak akan pernah gagal, maka di tahun ini juga tangga yang melingkar ke atas sama seperti yang dilihat oleh Yakub dinyatakan Tuhan atas kita dan apakah kita akan meresponnya? Jika mau ayo kita deklarasikan:

"Saya (Sebut namamu) , menerima janji Tuhan atas Yakub, yakni keturunan akan banyak, bahwa saya akan berkembang ke timur, barat utara dan selatan, baik dalam karir, keuangan, masa depan, keluarga, bisnis. Semuanya akan berkembang. Saya akan menjadi berkat atas bangsa=bangsa. Bahwa ada perlindungan Tuhan atas hidup saya, ada penyertaan Tuhan sehingga apapun yang saya lakukan pasti berhasil, akan ada pemberitahuan dari Tuhan atas segala hal yang terjadi di hidup saya. Bahwa saya tidak akan meninggalkan Tuhan dan Tuhan tidak akan pernah meninggalkan saya, Ia akan membawa saya menggenapi destiny hidup ku, karna ada pertolongan Tuhan turun atas hidupku dalam segala aspek. dan dimateraikan oleh Darah Yesus. hanya di dalam nama Tuhan Yesus, amin."

Di tahun ini pastinya bakal banyak hal yang datang dan mengganggu fokus hidup kita, apakah kita akan menaruh Tuhan sebagai center hidup kita ataukah kita akan terbawa arus dan fokus hidup kita menjadi dunia? karena di tahun ini akan ada penyaringan dan pembedaan antara mereka yang hidup di dalam perjanjian dan yang tidak. Mana yang akan kamu pilih? karena kita tidak bisa hidup dan bekerja untuk 2 tuan. Salah 1 yang saya yakin akan terlihat adalah uang. kenapa saya ambil contoh uang? karena tadi kita lihat Tuhan janji kepada Yakub soal berkat, salah 1 contoh berkat yang terlihat adalah sektor keuangan.

Ketika keuangan kita diberkati Tuhan dan mulai mengalami peningkatan life style, apakah kita akan merubah penampilan dan pola pikir kita ataukah akan tetap sama? Apakah kita akan masih mudah memberi ataukah akan menjadi perhitungan? Jujur saya maish sangat perhitungan. Maklum cina medan. hehehehehe, walaupun bukan alasan :-P , sehingga kita bisa lihat awalnya bagus yakni berkat Tuhan datang dan memenuhi lumbung kita dan sesuai keinginan kita untuk memberkati tapi apakah akan memberikan dampak positif atau negatif dari reaksi kita? Apakah itu bisa membuat kita lupa kalau itu titipan Tuhan yang harus kita pakai untuk menabur?

Pdt. Daniel Alexander dalam kotbahnya di JKI Hananeel Surya pada tanggal 20 sept 15 kemarin kalau salah 1 ciri orang tidak pelit yang mengikuti teladan Tuhan Yesus adalah orang yang nominal pada rekeningnya 0, jadi hayo yang rekeningnya masih ada jangan2 pelit yah? hahahahhaa. this is only kidding yah. becandaan saja, peace ^_^v Di sini yang mau saya ingatkan juga untuk diri saya adalah mempunyai sikap hai yang benar agar tidak terkait oleh cantolan dunia walaupun awalnya rohani. Karna yang terdahulu bisa menjadi yang terakhir.


Vav juga berbicara mengenai apresiasi. karna pada saat setelah selesai menciptakan 1 kreasinya, Tuhan itu selalu memberkatinya. Saya menemukan 1 foto yang ada gambar Ayin Vav dan doa mengenai apresiasi dalam bahasa Spanyol yang bagus saat saya googling yakni seperti berikut:


Yang kalau gambar tersebut diartikan seperti berikut ini:
"terima kasih, terima kasih, melalui nama Yesus, atribut-atribut mulia Musa terbangun dalam diriku, diresapi / atau dengan atribut-atribut ini, mempertahankan dan menikmati semua berkat dan harta dalam hidup saya"

Dari gambar itu saya menangkap bahwa apresiasi yang sering kita abaikan, itu sangat penting sekali buat hidup kita. khususnya pada tahun ini. Kenapa? Seperti pada pembahasan sebelum-sebelumnya yakni di thaun ini akan menjadi titik dimana akan menentukan 10 tahun endatang akan menghasilkan buah yang seperti apa untuk hidup kita, sebagai penentuan hidup kita akan terikat dengan apa, apakah kita akan berjalan dalam perjanjian dengan Tuhan walau keadaan susah, apakah kita akan menjadi sahabatnya? Oleh karena itu kita wajib untuk bisa mengapresiasi setiap hal.

Kenapa harus mengucap syukur?
1. Karena ini adalah teladan Kristus
2. kata mengucap syukur jika kita cari di ebible akan menemukan 47 ayat.
3. Ini adalah perintah Paulus yang merupakan rasul untuk kita lakukan
Kolose 3:17 Dan segala sesuatu yang kamu lakukan dengan perkataan atau perbuatan, lakukanlah semuanya itu dalam nama Tuhan Yesus, sambil mengucap syukur oleh Dia kepada Allah, Bapa kita.
Kolose 4:2 Bertekunlah dalam doa dan dalam pada itu berjaga-jagalah sambil mengucap syukur.
4. Ini adalah kehendak Allah
1 Tesalonika 5:18 Mengucap syukurlah dalam segala hal, sebab itulah yang dikehendaki Allah di dalam Kristus Yesus bagi kamu.

Mengeluh itu sama seperti kita sedang menyirami tanaman bernama apsintus / wormwood yang pada akhirnya akan membuat kita mati dalam kepahitan - bisa baca artikel saya mengenai apsintus di http://heppyyohanes.blogspot.co.id/2015/01/apsintus-wormwood.html


Pada awal artikel saya sempat menyinggung perihal yobel Indonesia dari kisah G 30S PKI dan Yobel nya Israel. Sehingga di masa tahun ini ada suatu sukacita perihal kemenangan yang terjadi, yakni pembalikkan keadaan.

Beberapa pengertian tahun YOBEL yang perlu kita pahami:

1. Yesaya 28:11-12 “Sungguh, oleh orang-orang yang berlogat ganjil dan oleh orang-orang yang berbahasa asing akan berbicara kepada bangsa ini. Dia yang telah berfirman kepada mereka: "Inilah tempat perhentian, berilah perhentian kepada orang yang lelah; inilah tempat peristirahatan!" Tetapi mereka tidak mau mendengarkan.”

Dari ayat di atas bisa kita lihat bahwa YOBEL berhubungan dengan SABAT. SABAT artinya hari Perhentian. Mereka dikatakan masuk dalam perhentian waktu mereka berlogat ganjil, ini artinya mereka sedang memelihara hidup untuk terus KEPENUHAN Roh Kudus dan DIPIMPIN Roh Kudus.

2. Imamat 25:1-6 “TUHAN berfirman kepada Musa di gunung Sinai: "Berbicaralah kepada orang Israel dan katakan kepada mereka: Apabila kamu telah masuk ke negeri yang akan Kuberikan kepadamu, maka tanah itu harus mendapat perhentian sebagai sabat bagi TUHAN. Enam tahun lamanya engkau harus menaburi ladangmu, dan enam tahun lamanya engkau harus merantingi kebun anggurmu dan mengumpulkan hasil tanah itu, tetapi pada tahun yang ketujuh haruslah ada bagi tanah itu suatu sabat, masa perhentian penuh, suatu sabat bagi TUHAN. Ladangmu janganlah kautaburi dan kebun anggurmu janganlah kaurantingi. Dan apa yang tumbuh sendiri dari penuaianmu itu, janganlah kautuai dan buah anggur dari pokok anggurmu yang tidak dirantingi, janganlah kaupetik. Tahun itu harus menjadi tahun perhentian penuh bagi tanah itu. Hasil tanah selama sabat itu haruslah menjadi makanan bagimu, yakni bagimu sendiri, bagi budakmu laki-laki, bagi budakmu perempuan, bagi orang upahan dan bagi orang asing di antaramu, yang semuanya tinggal padamu.”

Di tahun Sabat mereka tidak boleh kerja bahkan di tahun YOBEL mereka ditambah 1tahun lagi tidak boleh bekerja. Ini artinya Tuhan mengajarkan mereka untuk PERCAYA. Perlu Iman dan ketaatan yang lebih besar lagi di tahun Ayin Vav.

3. Imamat 25:9 “Lalu engkau harus memperdengarkan bunyi sangkakala di mana-mana dalam bulan yang ketujuh pada tanggal sepuluh bulan itu; pada hari raya Pendamaian kamu harus memperdengarkan bunyi sangkakala itu di mana-mana di seluruh negerimu.”

YESUS adalah Imam besar yang telah menyediakan PENDAMAIAN dengan MENGORBANKAN dirinya sendiri.

Yohanes 8:11

“Jawabnya: "Tidak ada, Tuhan." Lalu kata Yesus: "Akupun tidak menghukum engkau. Pergilah, dan jangan berbuat dosa lagi mulai dari sekarang."

Pesan TUHAN “Jangan berbuat dosa lagi” artinya HIDUP KUDUS.

4. YOBEL dari kata Ibrani Yoh-vel artinya tanduk domba jantan untuk sangkakala. YOBEL artinya tiupan sangkakala, ada kabar yang sangat penting.

Selain itu Untuk Yobel Israel sendiri Jika kita merunut sejarah yang ada, maka kita akan mendapati bahwa Tahun Ibrani 5776 ini merupakan Tahun Yobel ke-70, terhitung sejak pertama kali bangsa Israel di bawah pimpinan Yosua, memasuki Tanah Kanaan (tahun 1416 SM). Atau dapat dikatakan bahwa pada tanggal 23 September 2015 nanti adalah tepat 3.430 tahun (70 kali 7 kali 7 tahun Sabat) lalu bangsa Israel resmi berdiri (established) sebagai sebuah negara. Dan beberapa gereja percaya kalau ini juga merupakan Tahun Yobel terakhir sebelum kedatangan Tuhan Yesus yang ke-2.

Sehingga ini berarti bahwa kedatangan Tuhan akan semakin dekat. Mari kita siapkan hati dan diri kita untuk menyongsong kedatangan-Nya dan pastinya untuk menggenapi destiny Tuhan atas hidup kita di tahun ini.

Sebelum ditutup artikel ini, saya sarankan untuk bisa nonton video singkat dari share bu Iin pada link berikut:
https://www.youtube.com/watch?v=7V0jpy6Deyc"

Happy Rosh Hashanah 5776, happy yom Kippur day....

Referens:
1. Glory of zion international ministry
2. Kotbah bu Iin Tjipto
3. http://gbicrownpalace.org/tahun-ayin-vav-5776/#sthash.GUdBqiT2.dpuf
4. http://catatanakhirzaman.com/index.php/2015/09/10/nubuatan-dalam-tahun-baru-ayin-vav/
5. http://www.jawaban.com/read/article/id/2015/09/14/90/150914133021/Israel-Rayakan-Tahun-Baru-Ayin-Vav-5776
6. http://keruxon.com/id/index.php/pendalaman-alkitab/84-tahun-2016-5776-ibrani-ayin-waw
7. https://www.youtube.com/watch?v=7V0jpy6Deyc


| bisnis online |

Tidak ada komentar:

Posting Komentar